Waspada! Berikut 7 Penyebab Tikus Masuk Rumah

Ilustrasi tikus di atas wastafel. Foto: 99.co Ilustrasi tikus di atas wastafel. Foto: 99.co

Jakarta: Keberadaan hama tikus kerap menjadi permasalahan di dalam rumah. Tak jarang hewan pengerat ini membuat lingkungan rumah Anda kotor bahkan membawa penyakit berbahaya.

Serangan tikus bisa masuk dari mana saja dan berkembang biak tanpa Anda sadari. Walau kadang tidak terlihat, suara yang mereka keluarkan juga bisa terasa mengganggu.

Dilansir dari 99.co, berikut penyebab tikus tertarik masuk ke rumah Anda.

Baca: 7 Langkah Mudah Bersihkan Kasur Kapuk Bila Terkena Banjir

1. Terdapat sumber makanan

Umumnya, tikus akan memakan apa pun yang dikonsumsi oleh manusia. Tikus dapat mendeteksi keberadaan makanan di rumah dengan menggunakan kumisnya.

Kumis tikus dipercaya berfungsi sebagai pemberi rasa sentuhan yang sangat sensitif untuk membantu mereka menemukan dan membedakan makanan yang ditemukan. Anda tentu harus waspada ketika mengonsumsi makanan yang sudah atau terlihat rusak karena hama tikus.

Tikus dapat mengontaminasi makanan yang biasa Anda konsumsi melalui urine atau feses mereka. Lalu, mereka menyebarkan penyakit berbahaya seperti Salmonella diikuti dengan gejala diare akut.

2. Adanya sarang tikus

Pada dasarnya, tikus selalu mencari tempat berlindung yang dapat ditemukan di dalam dan di luar rumah. Selanjutnya, mereka jadikan tempat bersarang potensial bagi anak-anaknya.

Tikus tidak pernah kehabisan akal karena mereka dapat membangun sarang dengan memanfaatkan hampir semua jenis bahan atau puing-puing yang mereka temukan di loteng atau taman.

Baca: Cuma 15 Menit! Begini Cara Mudah Bersihkan Dapur Berantakan

3. Ditemukannya sumber air

Tikus dapat dengan mudah menemukan sumber air sama seperti cara mereka menemukan sumber makanan di rumah. Hewan pengerat ini dapat bertahan hidup di habitat yang kering, di mana sumber air sulit tersedia.

Pada situasi seperti ini, tikus akan mendapatkan kebutuhan air untuk bertahan hidup melalui makanan-makanan yang mereka konsumsi. Tikus seringkali memanfaatkan pipa air dan kepala keran yang bocor hingga mangkuk minuman hewan peliharaan untuk mendapatkan sumber air di rumah.

4. Banyak daging berserakan

Daging merupakan makanan kesukaan tikus yang selalu diburu olehnya dari rumah ke rumah.

Dengan begitu, Anda harus menghindari meletakkan daging di sembarang tempat khususnya di dalam rumah. Agar Anda tidak mengundang datangnya tikus.

Baca: Sakit Gigi Mengganggu di Malam Hari? Simak Cara Mengatasinya

5. Rumah yang memiliki lubang

Penyebab tikus masuk ke dalam rumah lainnya adalah keadaan rumah yang memiliki banyak lubang. Sebab, tikus memiliki tubuh yang fleksibel dan dapat masuk ke dalam lubang mana pun meskipun sangat kecil, seperti pipa atau saluran kabel listrik.

Gunakan dempul, sabut baja, atau apa pun untuk menutup lubang dan retakan tersebut. Pastikan saja benda yang Anda gunakan bukan sesuatu yang bisa dikunyah atau digunakan tikus sebagai bahan sarang yang lembut dan nyaman.

6. Rumah berantakan

Tikus kerap mencari tempat untuk menyediakan tempat persembunyiannya di rumah. Tempat tersebut biasanya memiliki keadaan yang kotor dan berantakan.

Oleh karena itu, singkirkan kekacauan di rumah Anda agar tidak ada tempat untuk tikus bersembunyi.

Baca: Kenali Dampak Buruk Kecanduan Drakor bagi Mata dan Cara Mengatasinya

7. Adanya rerumputan yang berpotensi menjadi tempat persembunyian

Tanaman seperti rerumputan memang tidak termasuk dalam daftar makanan favorit tikus. Namun, ia bisa menjadi tempat yang baik untuk bersembunyi.

Sampah daun atau puing-puing alami lainnya juga dapat menutupi tikus ini. Jadi, sebaiknya bersihkan sampah halaman segera setelah kamu menyadarinya.



(UWA)

Berita Terkait