Kabar Baik, Vaksinasi Covid-19 Menyasar Ribuan Napi di Jabar

Ilustrasi lansia di DKI Jakarta mendapat vaksin covid-19. Medcom.id/Christian Ilustrasi lansia di DKI Jakarta mendapat vaksin covid-19. Medcom.id/Christian

Dadali: Vaksinasi covid-19 turut menyasar ribuan narapidana dan warga binaan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Jawa Barat. Pembagian vaksin covid-19 kepada napi dilakukan secara bertahap.

"Totalnya ada 6.082 WBP (warga binaan pemasyarakatan) dari total WBP di Jabar 22.152 yang sudah divaksin," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Taufiqurrakhman.

Baca: Pemkot Bogor Fokus Penanganan Covid-19 di Hulu dan Hilir

Dia menyebut napi yang berada di Lapas Kelas IIA Cikarang berjumlah paling banyak dari jumlah napi di Jabar. Sebanyak 1.311 napi telah mendapat vaksin dari total awal 1.672 orang, dan 361 orang masih menunggu giliran.

"Dari Lapas Cikarang yang belum divaksin karena tidak lolos screening," tambah dia, seperti dilansir dari Medcom.id, Rabu, 28 Juli 2021.

Sementara itu, sebanyak 250  orang dari total 384 napi di Lapas Sukamiskin sudah divaksin. Namun 134 di antaranya belum karena memiliki komorbid.

Taufiq menjelaskan dari jumlah napi yang ada di Jabar, sebanyak 16.070 belum divaksin. Sebab ada beberapa pertimbangan yang membuat belasan narapidana belum disuntik vaksin.
 
"Pertimbangannya di antaranya mulai dari masih berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat, ada yang terpapar, hingga kondisi kesehatan menurun," ujarnya. (P Aditya Prakasa)



(RAO)