Pasebanrasi, Komunitas Pelopor Lingkungan Berbasis Budaya di Ciracap

Sumber: Podme.id Sumber: Podme.id

Dadali: Paguyuban Seni Budaya Anak Ciracap Sukabumi (Pasebanrasi) merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam melestarikan seni budaya lokal yang didirikan oleh anak Ciracap. Komunitas ini dapat disebut sebagai pelopor dalam membuat sebuah gagasan baru di Kecamatan Ciracap, yakni lingkungan berbasis budaya.

“Tujuannya agar anak-anak di kita (di Ciracap) itu bisa belajar tentang bagaimana kehidupan masyarakat perdesaan sebenarnya,” kata Ketua Pasebanrasi, Ridho Loka dalam Podcast The Community, episode Melestarikan Seni Budaya Lokal Ala Anak Ciracap yang diakses melalui situs Podme.id.

Tak dapat dimungkiri, pada era digital sekarang ini pola pikir anak-anak sudah terkontaminasi oleh gadget. Jadi, Ridho menginisiasi untuk membangun Kampung Budaya Cikawung agar seni budaya lokal tetap bisa eksis. Di sana, anak-anak bisa belajar bagaimana kehidupan masyarakat pedesaan, mulai dari masakan, kearifan lokal dan sebagainya.

“Kita buat sanggar juga di sana. Jadi sanggar di kampung budaya itu kita fokuskan untuk pelatihan pencak silat, teater, mendongeng, prakarya dan bahasa,” jelasnya.

Pada akhir 2018, Pasebanrasi mencoba untuk membuat suatu wadah kaderisasi. Ide ini muncul, kata Ridho, karena ada kekhawatiran dari para pelaku seni wayang pada saat itu.

Sebenarnya di Ciracap sudah ada group wayang golek, tetapi untuk pengrawit atau nayaganya kebanyakan sudah sepuh. Dengan begitu, diperlukan wadah kaderiasi untuk melahirkan generasi penerus seni budaya ini.

Untuk informasi, pengrawit adalah pelaku seni wayang, seperti pemain kendang, gong dan alat musik lainnya. Pengrawit biasanya berada di belakang dalang.

“Akhirnya kan itu sudah sepuh semua. Kita memprediksi bahwa dua atau tiga tahun yang akan datang mereka sudah tidak produktif lagi di seni ini (wayang golek). Sehingga dari kekhawatiran itu muncul ide untuk melakukan kaderisasi di bidang seni,” ucap Ridho.

Baca: Wah! Anak SD di Ciracap Mahir Pentaskan Wayang Golek

Pasebanrasi sudah terbentuk dari awal 2016. Komunitas ini fokus pada kaderisasi di bidang seni budaya. Komunitas ini muncul atas dasar kekhawatiran dari perkumpulan anak muda di Ciracap terhadap kondisi generasi pada saat itu. Seni menjadi jalan untuk mendekati mereka.

Awalnya, mereka membuat suatu pergerakan yang disebut jelajah Ciracap. Pergerakan itu lebih fokus untuk mempromosikan potensi alam dan seni budaya melalui sosial media. Namun, di akhir 2016, tim jelajah Ciracap mendapatkan satu usulan dari beberapa tokoh seni untuk membuat suatu wadah yang menaungi group kesenian. Wadah ini dinamakan Pasebanrasi.

 

Dengarkan: Melestarikan Seni Budaya Lokal Ala Anak Ciracap

 



(SYI)

Berita Terkait