Ini Daftar Menteri Baru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo Foto: Setper Presiden Joko Widodo Foto: Setper

Dadali: Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan nama menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju. Pelantikan sejumlah menteri tersebut akan dilaksanakan besok pagi. Berikut daftar enam menteri baru Jokowi:

1. Menteri Sosial Tri Rismaharini
Jabatan Menteri Sosial yang dipegang Juliari P Batubara, kini diberikan kepada Tri Rismaharini. Risma sebelumnya adalah Wali Kota Surabaya.

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipegang Wishnutama Kusubandio, kini diserahkan kepada Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga Uno pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, ia juga menjabat sebagai ketua Hipmi.

3. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Jabatan Menteri Kesehatan yang diduduki Terawan Agus Putranto, saat ini diberikan kepada Budi Gunadi Sadikin. Sebelumnya, Budi merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri dan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium. Terakhir, ia menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

4. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Jabatan Menteri Agama yang dipegang Fachrul Razi, kini diberikan kepada Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut merupakan tokoh agama dan Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020.

5. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan yang sebelumnya dijabat Edhy Prabowo, kini diserahkan kepada Sakti Wahyu Trenggono. Trenggono sebelum pengumuman ini masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

6. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi
Terakhir, jabatan Menteri Perdagangan yang dipegang Agus Suparmanto, kini diserahkan kepada Muhammad Lutfi. Sebelumnya, Lutfi pernah menjabat sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM, Dubes Indonesia untuk Jepang, dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat.



(SYI)

Berita Terkait