Malam Ini, Indonesia Kedatangan 3,8 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Indonesia akan kembali menerima jutaan dosis vaksin covid-19 AstraZeneca malam ini, 26 April 2021. Vaksin berasal dari Covax atau skema vaksin gratis dari The Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI)-World Health Organization (WHO).
 
"Jadi, rencananya datang malam 3,8 juta vaksin dari AstraZeneca dalam skema GAVI," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 26 April 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.
 
Budi mengatakan vaksin kembali tiba pada Mei 2021, yakni sebanyak 7,6 juta dosis. Di bulan yang sama, Indonesia kembali mendapatkan 15 juta dosis Sinovac.

"Hasil diskusi Bapak Presiden Joko Widodo dengan pemerintah Tiongkok, ada tambahan vaksin Sinovac masuk, antara 10 juta sampai 15 juta untuk bulan April dan Mei," ucap Budi.

Baca juga: Kemenkes Bakal Dukung Syarat Calon Jemaah untuk Haji dan Umrah

Dengan begitu, kebutuhan vaksin nasional cepat terpenuhi. Sehingga, jumlah penerima vaksin kembali ditingkatkan.

"Kemarin kan agak sedikit, karena suplainya kurang, tapi sekarang suplainya untuk bulan Mei akan cukup banyak. Untuk itu segera kita kembalikan fase penyuntikannya seperti sebelumnya," kata dia.
 
Budi berharap 17 Agustus 2021 angka kasus covid-19 bisa dikendalikan. Hal tersebut bakal menjadi hadiah ulang tahun untuk Indonesia.
 
"Kita bisa memberikan hadiah bagi ulang tahun Republik Indonesia ini, jumlah orang yang divaksinasinya sudah cukup banyak, sehingga kita bisa mengendalikan pandemi ini," kata Budi.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Nur Azizah)

 



(CIA)

Berita Terkait