Ingin Punya Rumah dengan Budget Terbatas? Simak 5 Langkah Ini

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

Jakarta: Setiap orang memiliki impian untuk mempunyai rumah pribadi yang bisa ditempati oleh seluruh anggota keluarganya. Hanya saja, rumah bukan sebuah komoditas yang dapat dibeli dengan harga murah.

Terlebih, jika Anda memiliki budget terbatas. Ada banyak faktor yang memengaruhi keputusan pemilihan rumah. Lantas, apa saja itu?

Dihimpun dari Medcom.id, simak penjabarannya menurut Head of Agent Account Management Pinhome, Verlita Panca Satria:

 

1. Lokasi

Pertama yang dilihat adalah lokasi. Lebih mementingkan kedekatan properti dengan
tempat-tempat yang sering dituju.

"Bukan berarti kita punya budget terbatas, kita mau pergaulan kita juga enggak kecil. Jadi di daerah tersebut ada beberapa meeting point untuk bertemu relasi, kolega dan lain-lain," kata Panca.

2. Luas tanah

Lalu luas tanah atau bangunan. Jika budget terbatas, prioritaskan luas tanah atau bangunan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang yang lebih besar.

3. Fasilitas

Kemudian ada fasilitas. Banyak yang menganggap keberadaan dan kelengkapan fasilitas umum yang berada di area properti sangat penting seperti fasilitas yang menunjang kebersihan, keamanan, dan apakah ada fasilitas penunjang untuk anak-anak seperti playground atau play house.

Baca: Wajib Tahu! Ini 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Pemilik Kulit Gelap

4. Aksesibilitas

"Kemudian aksesibilitas. Ini balik lagi, transportasi umumnya menunjang nggak sih dengan jarak tempuh kantor. Tidak masalah dengan lokasi asalkan terdapat akses transportasi umum atau jalan tol menuju area yang sering dikunjungi," pungkas Panca.

5. Lingkungan

Preferensi selanjutnya adalah lingkungan. Faktor ini cukup penting, pilihlah hunian di lingkungan yang baik, tak hanya lingkungan sosial tapi juga ada ruang terbuka hijau, komunitasnya bagus, dan tetangga yang guyub.

Menurut Panca, preferensi-preferensi tersebut bisa didapatkan dalam sebuah hunian dengan budget terbatas. Dengan catatan diperlukan beberapa pertimbangan dan riset terhadap hunian yang dipilih atau diinginkan.



(UWA)

Berita Terkait