Hari Ini, Satlantas Cianjur Berlakukan Ganjil Genap di Jalur Puncak

Pemberlakuan ganjil genap di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, diterapkan Polres Cianjur, selama liburan panjang akhir pekan, Jumat s.d. Minggu. Foto: Antara/Ahmad Fikri Pemberlakuan ganjil genap di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, diterapkan Polres Cianjur, selama liburan panjang akhir pekan, Jumat s.d. Minggu. Foto: Antara/Ahmad Fikri

Cianjur: Satlantas Polres Cianjur memberlakukan sistem ganjil genap mulai Jumat, 15 April 2022 hingga Minggu, 17 April 2022 di sepanjang jalur Puncak-Cianjur. Hal ini untuk mencegah kemacetan total pada masa libur panjang akhir pekan.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Sujana Awin Umar mengatakan, pemberlakuan ganjil genap dimulai dari pintu tol Ciawi hingga Jalur Puncak Cianjur. Sehingga kendaraan yang dapat melintas hanya kendaraan bernomor polisi (nopol) sesuai dengan tanggal.

"Ganjil genap akan diterapkan untuk antisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan dari luar kota dengan tujuan Puncak-Cipanas yang berpotensi macet total," ucap Sujana, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 15 April 2022.

Rekayasa arus juga akan diterapkan di sepanjang jalur tersebut guna memutus rantai ketika terjadi antrean. Sujana memperkirakan pekan ini arus kendaraan pemudik yang pulang lebih awal akan terlihat melintas di sepanjang jalur Cianjur-Bandung. Untuk itu, sejumlah pos pengamanan akan diaktifkan lebih cepat.

"Sistem satu arah akan diberlakukan namun sifatnya situasional," tutur dia.

Sujana mengimbau para pengendara yang hendak menghabiskan liburan panjang di wilayah Cianjur tetap mengutamakan keselamatan dan mematuhi peraturan lalu lintas serta memperketat protokol kesehatan.



(UWA)

Berita Terkait