Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Depok Perpanjang Isoter hingga September

Sejumlah pasien antre untuk menjalani pemeriksaan COVID-19 di IGD RSUD Depok, Jawa Barat, Jumat, 4 Februari 2022. Foto: Antara/ASPRILLA DWI ADHA Sejumlah pasien antre untuk menjalani pemeriksaan COVID-19 di IGD RSUD Depok, Jawa Barat, Jumat, 4 Februari 2022. Foto: Antara/ASPRILLA DWI ADHA

Dadali: Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperpanjang masa operasional tempat isolasi terpusat (isoter) untuk pasien covid-19 di RSUD Anugerah Sehat Afiat, Kota Depok, Jawa Barat. Perpanjangan ini berlaku hingga September 2022.

"Langkah perpanjangan tersebut dilakukan untuk menghadapi peningkatan kasus covid-19 di Kota Depok," kata Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, demikian dikutip dari Antara, Kamis, 30 Juni 2022.

Pengoperasian tempat isoter itu semula dijadwalkan berakhir Juni 2022. Perpanjang ini dilakukan untuk menghadapi kemungkinan peningkatan kasus covid-19.

Pemkot Depok juga menggiatkan pelaksanaan vaksinasi dan penyuluhan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan covid-19. Tujuannya, untuk meningkatkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Baca: Jepang Hibahkan 300 Refrigerator Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

"Untuk meningkatkan herd immunity juga harus dilakukan dengan melengkapi vaksinasi, mulai dari dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster," ucap dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati, mengingatkan warga untuk selalu menerapkan prokes covid-19. Seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menjalani vaksinasi covid-19.

Bagi warga yang mengalami gejala sakit berupa demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Mengingat, ada kecenderungan peningkatan kasus penularan covid-19.



(UWA)

Berita Terkait