Puluhan Pedagang Sentra Grosir Cikarang Lakukan Aksi Damai PPKM

Puluhan pedagang Sentra Grosir Cikarang (SGC), Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan aksi damai sebagai bentuk menyerah atas PPKM. Medcom.id/ Antonio Puluhan pedagang Sentra Grosir Cikarang (SGC), Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan aksi damai sebagai bentuk menyerah atas PPKM. Medcom.id/ Antonio

Dadali: Kumpulan pedagang Sentra Grosir Cikarang (SGC) melakukan aksi damai sebagai bentuk menyerah atas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sekretaris Paguyuban Pedagang Sentra Grosir Cikarang, Pebri Subhan Somantri, menjelaskan terdapat 1.200 pedagang yang tidak mendapat penghasilan imbas dari penutupan pusat perbelanjaan.

"Memang sudah hampir satu bulan setengah kita ditutup gedungnya dan kita enggak bisa dagang di dalam. Padahal kita rata-rata UMKM bukan pedagang besar," kata Pebri, melansir Medcom.id, Kamis, 12 Agustus 2021.

Baca: Kasus Aktif Covid-19 di Aceh Capai 6.203 Orang

Bahkan ia mengaku, kumpulan pedagang tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah. Kebijakan PPKM telah memukul ekonomi para pedagang lantaran harus mengurangi pegawai, beralih profesi hingga mengalami kebangkrutan.

"Kan bukan lagi concern ke kita ya, tapi yang di dalam itu. Mereka yang menggantungkan hidup itu banyak. Jadi dari 1.200 pedagang eksis, ada minimal 2-3 karyawan, berarti sekitar ribuan jiwa yang terdampak PPKM, apalagi karyawan," jelasnya.

Pebri berharap agar peraturan dalam PPKM level 4 dilonggarkan dan SGC segera dibuka. "Intinya supaya SGC segera dibuka, minimal kita bisa dagang. Dengan bisa dagang ya mudah-mudahan dapat duit," ujarnya. (Antonio)
 



(RAO)