Perlukah Mencuci Pembalut Bekas?

Menstruasi Menstruasi

Dadali: Persoalan mengenai menstruasi terkadang masih sering membuat bingung. Salah satunya adalah mencuci pembalut bekas pakai sebelum dibuang.

Beberapa mitos menyebut, pembalut yang sembarangan dibuang bakal mengundang hal-hal yang tak diinginkan. Seperti diikuti oleh makhluk gaib.

Selain itu ada pula yang berkata kalau mencuci pembalut merupakan tindakan higienis. Tetapi, apakah sebetulnya pembalut bekas perlu dicuci sebelum dibuang?

Ternyata pembalut tidak harus dicuci usai dipakai. Pembalut memang dirancang dengan bahan disposable untuk menampung darah kotor akibat menstruasi dan bisa langsung dibuang. 

Baca juga: Saat Haid Harus Kumpulkan Rambut yang Rontok, Benarkah?

Melansir dari berbagai sumber, Rabu, 22 September 2021, salah satu dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, menyebut tak ada yang salah jika ingin mencuci pembalut bekas. Namun, pembalut harus dibuang dengan cara yang benar.

"Kalau dari sisi medis, terutama dalam kesehatan genitalia perempuan, sebenarnya enggak ada hubungannya antara (pembalut) harus dicuci dahulu atau boleh langsung dibuang. Tetapi jika kita memikirkan masalah limbah, pencemaran dari darah, itu (pembalut) ya memang lebih baik langsung dibungkus dan dibuang (tanpa dicuci),"kata dr Dinda Derdameisya.

Namun, jika masih merasa tidak nyaman dan merasa lebih lega ketika pembalut bekas pakai dicuci, tidak masalah. Apalagi jika terpaksa harus membuang pembalut di tempat sampah umum.

Jadi, semua itu disesuaikan kebutuhan masing-masing ya.



(RAO)

Berita Terkait