Tuti Alawiyah Tekankan Mitigasi Antisipasi Bencana di Bogor

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Tuti Alawiyah di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-DPRD Kabupaten Bogor) Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Tuti Alawiyah di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-DPRD Kabupaten Bogor)
Dadali: Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Tuti Alawiyah, mendorong Pemerintah Kabupaten Bogor untuk meningkatkan intensitas mitigasi bencana. Hal tersebut merupakan langkah untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

 

“Ini musibah. Tapi harus dimitigasi atau bahkan dicegah. Bisa dipetakan titik-titik rawan longsor di setiap RT dan RW. Jadi kita bisa mengantisipasi dengan membuat desain potensi penyebab longsor,” kata Tuti dilansir dari Antara, Rabu,25 Mei 2022.

 

Upaya tersebut juga bisa menjadi edukasi kepada masyarakat di sekitar lokasi rawan. Pasalnya, hampir seluruh wilayah Kabupaten Bogor rawan bencana alam.

 

“Sederhananya, kalau misal ada hujan lebat, warga di sekitar rawan longsor bisa mengungsi untuk menghindari korban jiwa,” lanjut Tuti.

 

Pencegahan lain yang bisa dilakukan yakni melakukan penghijauan dengan menanam tumbuhan vetiver seperti akar wangi di wilayah rawan tanah longsor. Kemudian, mengawasi ketat pembangunan di lokasi rawan longsor.

 

“Kalau perlu dibongkar saja (bangunan melanggar). Ini jadi ikhtiar kita dalam antisipasi longsor,” ujar Tuti.



(UWA)