Cara Tukar Uang ke Bank Indonesia Secara Online

Bank Indonesia melalui Pintar Bi membuka penukaran uang online. Foto: screnshoot laman resmi Pintar BI Bank Indonesia melalui Pintar Bi membuka penukaran uang online. Foto: screnshoot laman resmi Pintar BI

Dadali.id: Bank Indonesia (BI) telah membuka layanan penukaran uang baru dalam rangka Ramadhan dan Lebaran 2023. Masa penukaran uang baru untuk Ramadan 2023 dan Idul Fitri 1444 Hijriah telah dibuka 27 Maret-20 April 2023.

BI juga menyediakan layanan penukaran uang baru secara online melalui laman PINTAR BI maupun secara offline melalui bank dan di beberapa jalur mudik. 

Lalu bagaimana cara menukar uang melalui online?. Mengutip Laman Resmi PINTAR, berikut cara penukaran uang baru secara online:

Cara Tukar Uang Online

  1. Pada halaman utama PINTAR, kalian dapat memilih menu kas keliling.
  2. Selanjutnya memilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang diinginkan
  3. Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat kalian pilih
  4. Sobat Rupiah melakukan pengisian data pemesanan meliputi: NIK, nama, nomor telepon, dan email
  5. Mengisi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan Bank Indonesia.
  6. Melakukan pemesanan untuk selanjutnya memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling.

Ketentuan penukaran

Bank Indonesia telah mengatur jumlah penukaran uang Rupiah yang dapat dipesan melalui kas keliling. Berikut ketentuannya:

1. Uang logam
Penukaran uang logam dapat ditukar sebanyak 250 keping per satu pecahan uang rupiah. 

2. Uang kertas
Penukaran uang kertas dilakukan dalam kelipatan setiap 100 lembar per pecahan uang dengan jumlah uang rupiah kertas yang dapat dipesan mengikuti alokasi yang telah ditetapkan Bank Indonesia. 



(FPR)