Sering Ngantuk saat Berkendara? Cegah dengan Tips Ini

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

Jakarta: Salah satu gangguan yang kerap terjadi ketika berkendara adalah serangan rasa kantuk. Padahal, hal tersebut bisa membahayakan diri sendiri, bahkan orang lain.

Biasanya, penyebab mengantuk adalah karena kelelahan. Rasa lelah yang membuat tubuh lemas bisa membuat rasa kantuk menyerang kapan saja.

Untuk menghindari hal tersebut, maka pengemudi harus memiliki stamina yang baik dan istirahat yang cukup. Tak hanya itu, ada pula sejumlah cara usir rasa kantuk saat berkendara. Dirangkum dari Medcom.id, simak cara berikut:

1. Minum-minuman berkafein

Sudah bukan kabar baru lagi jika minuman berkafein dapat mencegah rasa kantuk. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda mengisi perut dengan makanan bergizi dan juga minuman berkafein.

Anda bisa minum kopi, teh, atau minuman lain. Coba tambahkan rasa pedas jahe ke dalam minuman Anda untuk efek tambahan yang membuat badan menjadi lebih segar.

Baca: Agar Hasilnya Maksimal, Begini Cara Pakai Sheet Mask yang Benar

2. Menghibur diri sendiri

Salah satu cara menyenangkan untuk berkendara adalah dengan menghibur diri sendiri. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti menyanyi, atau membicarakan apa saja yang dilihatnya.

Kegiatan yang nampaknya nyeleneh ini justru sangat berguna untuk mengusir rasa kantuk. Selain menjaga badan tetap fokus, Anda juga dapat menikmati perjalanan dengan lebih santai dan bahagia.

3. Mengobrol dengan penumpang

Menikmati perjalanan sambil bercerita dan tertawa bersama orang lain akan meningkatkan mood berkendara, sehingga rasa letih dan kantuk pun tidak terasa. Namun, perlu diingat bahwa Anda juga harus tetap fokus ke jalan.

4. Menepikan kendaraan untuk beristirahat

Apabila memang rasa kantuk sudah amat tidak tertahankan, coba carilah rest area secepat mungkin apabila memungkinkan. Apabila tidak, Anda bisa menepikan kendaraan untuk beristirahat.



(UWA)

Berita Terkait