Sah! Jokowi Resmi Lantik 6 Menteri Baru

Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden) Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik enam menteri dan lima wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan diselenggarakan di Istana Negara, Rabu, 22 Desember 2020 sekitar pukul 09.30 WIB.

Pelantikan diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 133/P Tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019/2024.

Selanjutnya, pembacaan Keputusan Presiden Nomor 76/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019/2024. Dipandu langsung oleh Jokowi, para menteri dan wakil menteri mengucapkan sumpah jabatan.

Terakhir, presiden juga melantik Kepala Badan Narkotika Nasional dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 203/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional dan Keputusan Presiden Nomor 78/M Tahun 2020 tentang Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Selanjutnya, keduanya mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Jokowi.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri serta pejabat lainnya yang dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

3. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

6. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

7. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Pahala Mansyuri

8. Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra

9. Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Komar Syarief

10. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono

11. Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qalbi

12. Kepala Badan Narkotika Nasional Irjen Petrus Reinhard Golose

13. Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmadja

Pada Selasa, 21 Desember 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengumumkan nama menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Dalam pengumuman itu, Jokowi memperkenalkan enam menteri baru di kabinetnya.



(SYI)

Berita Terkait