Pondasi Jalan Nasional Penghubung Jabar-Banten Longsor dan Mengancam Bangunan Sekolah

Kondisi pondasi jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan Banten tepatnya di Kampung Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok yang longsor. ANTARA/Aditya Rohman Kondisi pondasi jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan Banten tepatnya di Kampung Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok yang longsor. ANTARA/Aditya Rohman

Pondasi jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jabar dengan Banten, tepatnya di Kampung Cibangban longsor dan mengancam bangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cibangban. 

“Kami khawatir pondasi jalan nasional yang berada di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok ini kembali longsor yang bisa berdampak kepada bangunan MI Cibangban," kata Kepala MI Cibangban Endang, dikutip dari Antara, Rabu, 9 oktober 2022. 

Endang  mengatakan longsoran itu sempat menutup sebagian badan jalan nasional yang berbatasan langsung dengan bangunan madrasah. Sebelumnya, longsoran pondasi tebing dan besi pembatas jalan juga sempat tergerus hingga masuk ke kawasan madrasah.

Dia mengkhawatirkan keselamatan para pelajar dan guru jika terjadi longsor susulan. Diketahui longsor juga berdampak pada aliran irigasi yang berada di sekitar bangunan madrasah.

Aliran irigasi menjadi tertutup dan dikhawatirkan akan meluap sehingga mengakibatkan banjir di MI Cibangban.

Endang menyebut kejadian longsor di wilayah itu bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, tanggul penahan tanah (TPT) yang berada di depan madrasah juga ambrol. Namun,  belum adanya upaya penanganan dari pemerintah terkait hal itu. 

"TPT yang ambrol itu sempat tidak diperbaiki berbulan-bulan, sehingga saya bersama pemilik warung dan warga sekitar berinisiatif mengumpulkan donasi untuk memperbaikinya namun hanya bisa sebagian," tambahnya.

Dia mengatakan keterbatasan dana menjadi penyebab TPT itu belum dapat diperbaiki sepenuhnya. Dia meminta pemerintah segera melakukan  perbaikan secepatnya.

“Karena jika dibiarkan berlarut-larut apalagi saat ini hujan deras turun setiap hari dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” ucap Endang.

Baca Juga: BPBD Usulkan Perbaikan Jalan Tergerus Longsor di Kecamatan Parungponteng



(UWA)

Berita Terkait