19.543 Warga Bogor Antre Berangkat Haji

Kantor Kementerian Agama Kota Bogor. (ANTARA/Linna Susanti) Kantor Kementerian Agama Kota Bogor. (ANTARA/Linna Susanti)
Dadali: Sebanyak 19.543 warga muslim di Kota Bogor, Jawa Barat, mengantre untuk berangkat haji ke Tanah Suci. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Ahyan Maemun menyebut jumlah  tersebut sudah dikurangi.

 

"Jumlah itu sudah dikurangi yang berangkat tahun ini 450 orang," kata Ahyan dilansir dari Medcom.id, Senin 23 Mei 2022.

 

Ahyan menambahkan warga yang masuk antrean haji sudah membayar setoran awal biaya perjalanan ibadah haji minimal Rp25.000.000 melalui bank serta mendaftar ke Kantor Kementerian Agama. Setelah mendaftar warga akan mendapat bukti pendaftaran berupa Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) serta mendapat nomor porsi atau nomor urut pendaftaran. yang juga menjadi semacam nomor antrean keberangkatan.

 

"Porsi juga berarti tempat duduk di pesawat nanti, penginapan, dan lain-lain mengenai keberangkatan," ucap Ahyan.

 

Pemerintah menentukan biaya perjalanan ibadah haji berdasarkan wilayah embarkasi atau tempat keberangkatan.Tahun ini biaya perjalanan ibadah haji bagi anggota jamaah yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Jakarta (Pondok Gede) Rp39.886.009 per orang dan Embarkasi Jakarta (Bekasi) Rp39.886.009 per orang.

 

"Tentu setiap tahun (biaya haji) bisa saja berbeda melihat dari berbagai faktor yang berkaitan dengan biaya, pesawat, penginapan, dan lain-lain. Tapi pemerintah pasti memberikan biaya terbaik yang bisa dijangkau masyarakat," ujar Ahyan.



(UWA)