Menkes Duga Penularan Covid-19 di PON XX Papua Terjadi di Penginapan Atlet

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Istimewa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Istimewa

Dadali: Sebanyak 83 orang terkonfirmasi kasus covid-19 di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua per Senin, 11 Oktober 2021. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menemukan titik penyebaran virus berbahaya tersebut.
 
"Terjadinya penularan ini kemungkinan besar disebabkan di tempat penginapan," kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari Medcom.id, Selasa, 12 Oktober 2021.
 
Budi mengatakan, satu kamar ditempati empat orang atlet. Kegiatan makan di tempat penginapan juga dilakukan bersama-sama.

"Ini jadi catatan untuk acara-acara besar ada perbaikan protokol kesehatan," ujar dia.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, konsentrasi penularan covid-19 ada di beberapa cabang olahraga. Mulai dari judo, sepatu roda, panahan, hingga kriket.
 
"Juga konsentrasi terjadi di beberapa provinsi asal terutama DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Bali," kata Budi.

Sementara itu, Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, mengeklaim temuan kasus covid-19 di PON XX Papua masih terkendali. Luhut menilai tak terjadi lonjakan yang signifikan.
 
"Akan dilakukan langkah-langkah secara terintegrasi menangani ini," kata Luhut.



(RAO)

Berita Terkait