5 Tips Agar Tetap Tenang di Tengah Rapat Menegangkan

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Ketika rapat, mungkin ada orang yang takut dengan berbagai pertanyaan yang dilemparkan. Sehingga, tidak tenang dan merasa panik ketika mendapati suasana menegangkan di ruang rapat. Apalagi, jika jarang sekali terlibat konflik.

Pada saat situasi seperti itu, kontrol diri memang sangat dibutuhkan supaya pikiran tak memikirkan hal-hal yang mungkin tak akan terjadi. Seperti disalahkan sampai dihukum. Kontrol diri bisa membantu untuk tetap fokus dan tak menimbulkan banyak hal yang tak diinginkan.

Apabila salah bertindak karena tidak tenang, akan berakibat kepada diri sendiri dan mungkin saja ke pekerjaan yang tengah dilakukan juga.

Maka dari itu, perlu mengetahui bagaimana cara tetap tenang ketika dihadapkan rapat menegangkan. Dilansir dari Gaya.id, Senin, 31 Oktober 2022, berikut cara-cara yang dapat diterapkan:

1. Menunjukkan rasa empati

Rasa empati memang menjadi hal penting dalam mengontrol diri ketika tengah berdebat dengan seseorang. Bisa bersikap empati dengan permasalahan yang lagi dibicarakan.

Menunjukkan rasa empati bisa mencairkan emosi lawan bicara lantaran merasa dihargai. Apabila telah merasa dihargai, lawan bicara biasanya juga ikut menghargai.

2. Mendengarkan topik pembicaraan

Walaupun bukan giliran diri sendiri yang berbicara, sebaiknya mendengarkan topik-topik pembicaraan yang tengah berlangsung. Pasalnya, ketika nanti dilempari pertanyaan, tidak akan kesulitan untuk menjawabnya.

Jika ingin didengar pendapatnya, maka juga harus melakukan hal yang sama, yaitu mendengarkan orang lain ketika berbicara.

3. Berbicara tidak terburu-buru

Ketika pertanyaan yang menegangkan dilemparkan, sebaiknya menenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam. Kemudian, bisa memulai berbicara pelan-pelan supaya orang lain mengerti apa yang disampaikan.

Rasa gugup pun biasanya mengakibatkan cara berbicara menjadi cepat. Apabila memiliki salah satu efek gugup seperti itu, harus mulai pelan-pelan ketika berbicara supaya lebih nyaman.

4. Hindari ingin merasa menang

Apabila dihadapkan dengan perdebatan, akan menemukan orang-orang yang ingin menang dalam perdebatan tersebut. Biasanya melakukan segala cara agar penjelasannya diterima dan dianggap menang.

Tidak perlu melakukan hal seperti itu. Dengan menyampaikan jawaban yang jelas sesuai topik yang ditanyakan sudah sangat cukup. Tidak harus memenangkan supaya diskusi terlihat lebih baik. Hal tersebut dijamin akan membuat lebih tenang.

5. Melihat obrolan ke arah positif

Perdebatan dalam rapat memang sudah hal yang umum. Tetapi, tidak harus selalu melihat hal itu menjadi obrolan yang negatif. Bisa dengan mengarahkan obrolan itu ke arah positif dalam pikiran sendiri.

Misalnya, saat mendapatkan kritikan, bisa berpikir bahwa ini menjadi saran agar bisa lebih berkembang ke depannya. Dengan berpikir positif, maka dapat membuat suasana dalam diri sendiri dengan perasaan yang baik.



(SUR)

Berita Terkait