Menkominfo Pede PON Papua Bakal Lancar Jaya

Menkominfo Johnny G Plate/Medcom.id/Nur Aziza Menkominfo Johnny G Plate/Medcom.id/Nur Aziza

Dadali: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, percaya diri (pede) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dapat berjalan lancar. Hal itu ditinjau dari sisi penyelenggaraan maupun pencegahan covid-19.

“Harapan saya PON berlangsung sukses dan dapat dinikmati oleh masyarakat,” kata Johnny G Plate dikutip dari Antara, Jumat, 24 September 2021.

Beberapa infrastruktur telekomunikasi dan komunikasi publik telah disiapkan secara prima demi mendukung PON Papua. Johnny meyakinkan hal tersebut melalui kunjungannya di Jayapura.

Baca: Satgas Ingatkan Disiplin Prokes Selama PON Papua

Ia juga mengapreasiasi kinerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) dalam menyiapkan beragam perangkat, agar komunikasi publik berlangsung dengan baik. Johnny berharap pelaksanaan PON Papua sesuai keinginan Presiden Joko Widodo, yakni sukses dalam penyelenggaraan, segi prestasi, dan administrasi.
 
"PON adalah etalase Papua dan Indonesia di lingkungan global. Kita bisa menyampaikan pada dunia bahwa kita mampu menyelenggarakan pesta olahraga di tengah pandemi dengan tetap menaati protokol kesehatan,” kata Johnny.

Layanan jaringan telekomunikasi 4G disebut akan menunjang penuh penyelenggaraan PON Papua. Hal itu juga didukung pembangunan rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut yang ada di kedalaman 4000 meter di sebelah Utara Jayapura.

Direktur Jenderal (Ditjen) IKP, Usman Kansong, menyebut pihaknya menyediakan Media Center Kominfo PON Papua di tiga klaster untuk peliputan. Ketiganya yakni klaster Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Ditjen IKP juga menyediakan microsite infopublik.id/ponpapua yang berisikan informasi terkait penyelenggaraan PON dan Papua secara umum. Konten-konten berupa berita hard news, berita feature, berita foto dan video di microsite www.infopublik.id/ponpapua bisa diakses awak media.
 
Keberadaan portal ini, kata Dirjen IKP, untuk mendukung penyediaan informasi di Main Center Panitia Besar PON (PB PON) pada www.ponxx2021papua.com.
 
“Diharapkan teman-teman media terlebih yang tidak datang ke Papua, tetap bisa memperoleh informasi penyelenggaraan PON,” kata Usman. (Antara)



(RAO)

Berita Terkait