5 Makanan Khas Sunda Yang Wajib Dinikmati saat Lebaran

berbagai macam makanan sunda. Foto: Nia Deviyana berbagai macam makanan sunda. Foto: Nia Deviyana

Sunda merupakan salah satu suku dari Jawa Barat yang memiliki keunikan kuliner tersendiri, termasuk pada saat lebaran. Berikut lima contoh masakan tradisional sunda yang biasa dinikmati saat idulfitri tiba.

1. Nasi liwet

hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, tempe, dan tahu. Hidangan khas Sunda ini cocok disajikan untuk santap bersama keluarga. 

2. Sayur asem

sup sayur asam yang terbuat dari asam jawa, sayuran, dan kacang tanah

3. Sate maranggi

sate sapi panggang yang direndam dalam campuran kecap manis, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Sate maranggi ini memiliki keunikan tersendiri

4. Karedok

Makanan ini terbuat dari sayuran mentah seperti ketimun, tauge, dan kol, disajikan dengan bumbu kacang. Harganya bervariasi, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp25 ribuan.

5. Es doger

makanan penutup manis yang terbuat dari santan, alpukat, nangka, dan buah-buahan lainnya, disajikan dengan es serut. Cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga saat lebaran. 

Hidangan ini hanyalah beberapa contoh dari sekian banyak makanan lezat yang dinikmati selama masyarakat Sunda saat lebaran.



(FPR)

Berita Terkait