Jaga Kesehatan Tubuh dari 6 Manfaat Temulawak

Ini beberapa manfaat temulawak. (Foto: Dok. Instagram Jamu temulawak wae kolang lua/@jamutemulawak_waekolanglua) Ini beberapa manfaat temulawak. (Foto: Dok. Instagram Jamu temulawak wae kolang lua/@jamutemulawak_waekolanglua)

Indonesia kaya akan rempah yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah temulawak, yang masih berkerabat dengan kunyit. Kandungan beragam senyawa alami yang terdapat dalam temulawak, membuat tanaman berkhasiat ini digunakan untuk jamu atau obat herbal secara turun temurun.

Tanaman herbal ini kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, sampai gangguan fungsi hati. Serta, temulawak juga digunakan sebagai pewarna makanan, bumbu masakan, dan bahan campuran dalam produk komestik.

Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak kandungan seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol, mempunyai sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes. Berkat kandungan senyawa itulah yang membuat temulawak punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Gaya.id, Jumat, 30 September 2022, berikut manfaatnya:

1. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat ini diperoleh dari beragam nutrisi dan antioksidan yang bisa membantu kinerja sel darah putih serta produksi antibodi. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat juga dapat membuat orang jarang sakit.

2. Mencegah dan mengatasi infeksi

Berbagai riset mengatakan bahwa ekstrak temulawak bisa membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Salmonella dan E.coli. Lantaran, kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoidnya berfungsi sebagai antimikroba.

Serta, ekstrak yang dimiliki mengandung antivirus dan antijamur. Itulah kenapa temulawak dapat dikonsumsi sebagai obat herbal guna mencegah dan mengatasi infeksi. Minuman temulawak pun mempunyai efek antiradang dan pereda demam alami. Sehingga baik dikonsumsi untuk mendukung proses pemulihan ketika sakit, misalnya demam atau flu.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa temulawak mempunyai potensi manfaat untuk mengobati radang lambung atau gastritis. Juga, untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Walau begitu, efektivitas dan keamanan manfaat temulawak yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan dan fungsi hati

Beberapa studi ilmiah menyebutkan bahwa temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati serta mengurangi peradangan pada hati. Hal ini diduga karena efek antioksidan dan antiradang yang ada dalam temulawak. Untuk penyakit hati, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Temulawak juga diketahui bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Temulawak bisa meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah

6. Menurunkan risiko penyakit kanker

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak temulawak bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati. Walau begitu, temulawak masih belum dapat digunakan sebagai pengobatan kanker. Riset terhadap efektivitas temulawak dalam mengobati kanker masih sangat terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

 

BACA: Catat! Ini 7 Manfaat Kesehatan Air Kunyit Bagi Tubuh



(UWA)

Berita Terkait