5 Bahan Ini Harus Dihindari Ketika Tubuh Merasa Lelah

Hindari beberapa bahan ini saat tubuh kamu merasa Lelah. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com) Hindari beberapa bahan ini saat tubuh kamu merasa Lelah. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)

Makanan menjadi andalan untuk mengisi bahan bakar tubuh dan mengisi ulang 'baterai' supaya bisa menyelesaikan rutinitas sehari-hari. Tetapi, makanan rendah serat dengan tambahan gula, tak cukup seimbang atau makanan yang tinggi kalori, bisa menyulitkan sistem pencernaan. Juga, bisa menurunkan tingkat energi secara keseluruhan. Dampaknya, malah akan merasa lebih lesu dan kurang energi sesudah makan.

Hal tersebut membuat kita menjadi sadar mengenai apa yang dimakan bisa membuat kita lebih energik dan mampu menyelesaikan rutinitas.

Dilansir dari Gaya.id pada Rabu, 21 September 2022, Shivani Sikri, Chief Nutritionist & Founder di Nutri4Verve berbicara mengenai apa yang mesti dihindari untuk makan di hari yang sibuk dan produktif.

1. Kopi

Kopi memang mempunyai efek peningkatan untuk beberapa waktu, namun juga mengakibatkan kelelahan yang parah di kemudian hari. Jadi, apabila mempunyai jam kerja yang panjang, jangan meraih mesin kopi. Alternatif yang lebih baik bisa dengan secangkir teh tanpa gula atau susu, segelas jus segar atau hanya air jeruk nipis.

2. Keju

Keju olahan tinggi lemak jenuh, natrium dan kolesterol. Hindari semua jenis keju sebagai sumber energi walaupun disebut sebagai power bank. Cukup sederhana lantaran keju lebih sulit dicerna, membutuhkan banyak energi. Maka dari itu, keju bukanlah teman yang baik saat sudah terlalu lelah dan lemah.

3. Gula putih

Gula mungkin membuat kamu terburu-buru sementara, namun biasanya diikuti dengan crash. Serta, makanan yang kaya gula halus atau gula putih banyak diproses. Jadi, apabila merasakan dorongan tersebut, hindari es krim, kue kering, atau donat segera seusai hari yang melelahkan.

4. Alkohol

Alkohol bukanlah teman terbaik dalam banyak hal. Apalagi bila dikonsumsi pada malam hari, sebab sama sekali tidak membantu untuk tidur. Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol mengakibatkan pencernaan lebih lambat, yang membuat tubuh semakin lelah.

5. Daging merah

Sangat tidak disarankan untuk makan daging merah di malam hari. Karena butuh beberapa jam untuk dicerna dengan baik. Bahkan, hal tersebut dapat mempengaruhi tidur dan tidak membantu, apalagi jika sudah merasa lelah.

 

BACA: Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan



(SUR)

Berita Terkait