PPKM di Kota Bandung Turun ke Level 2, Begini Alasannya

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Kota Bandung, Jawa Barat, kini masuk dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Pasalnya, sebanyak 99 dari 151 kelurahan di Kota Bandung terbebas dari covid-19.
 
"Salah satu yang dilihat adalah gencarnya vaksinasi covid-19 yang mencapai 90 persen. Tapi karena wilayah aglomerasinya belum sesuai dengan target, sehingga kita turun levelnya. Karena kita enggak bisa hanya mempertimbangkan yang ada di Kota Bandung," ucap Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Bandung, Rosye Arosdiani, melansir Medcom.id, Kamis, 21 Oktober 2021.

Hal lain yang menjadi indikator turunnya PPKM ke level 2, yakni kasus terkonfirmasi aktif yang menurun. Sementara, angka kesembuhan meningkat bersamaan pelaksanaan vaksinasi covid-19, bed occupancy rate (BOR), hingga positivity rate.
 
Per 20 Oktober, kasus aktif covid-19 di Kota Bandung mencapai 93 kasus. Dari 30 rumah sakit rujukan, keterisian BOR di Kota Bandung sebanyak 6,52 persen atau hanya 69 tempat tidur yang terisi dari total 1.059 tempat tidur.

Baca juga:  Kasus Covid-19 Mencuat di 2 SMP Negeri di Solo
 
Sementara itu, sebanyak 99 dari 141 kelurahan bebas dari covid-19. Artinya, sisa 52 kelurahan masih terdapat kasus aktif covid-19.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, perkembangan kasus covid-19 di wilayahnya cukup terkendali. Meski demikian, ia meminta masyarakat tidak euforia.

"Kita harus menyadari. Walau sudah landai atau bagus, covid-19 masih ada," ujar Oded, dilansir dari berbagai sumber.



(RAO)

Berita Terkait