Hindari Flu dengan Konsumsi 6 Vitamin Terbaik Ini

Vitamin C terbukti dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Vitamin C terbukti dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Musim hujan telah tiba. Artinya, cuaca pun bakal semakin dingin. Dampaknya, penyakit seperti flu dapat merajalela. Para profesional kesehatan sudah memperkirakan bahwa musim flu 2022 ini mungkin dimulai seusai Oktober. Di mana artinya kemungkinan untuk terkena influenza bisa meningkat. 

Ada pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Sebagian besar orang mungkin lebih memilih istirahat dan tidur cukup atau mencuci tangan lebih sering. Atau bahkan berencana untuk mendapatkan vaksin flu. Tetapi, semua itu tak bisa berdiri begitu saja. Sebab, diperlukan juga beragam vitamin dan nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Gaya.id, Jumat, 28 Oktober 2022, secara umum, mengonsumsi makanan utuh yang bervariasi dengan banyak produk akan membantu tetap sehat dengan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Apabila ingin melangkah lebih jauh, bisa menemukan cara untuk memasukkan lebih banyak vitamin terbaik seperti di bawah ini:

Vitamin C

Tak mengherankan lagi jika vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat imun tubuh rendah, akan mempunyai risiko tinggi untuk penyakit dan infeksi. Wanita harus mendapatkan berkisar 75 miligram sehari dan pria harus mendapatkan berkisar 90 mg vitamin C. Itu cukup mudah lantaran bisa menemukannya pada jeruk, brokoli, stroberi, paprika, bayam, dan kubis.

Vitamin B6

Tubuh menggunakan vitamin B6 untuk membuat sel darah merah dan putih, yang mendukung kemampuan untuk menangkis penyakit. Apabila mencari vitamin terbaik untuk musim flu, sebaiknya menambahkan vitamin yang satu ini ke daftar vitamin yang akan dikonsumsi. Vitamin B6 bisa didapatkan dari unggas, ikan tuna dan salmon, pisang, buncis, serta sereal.

Vitamin E

Studi menunjukkan bahwa vitamin E bisa meningkatkan sistem kekebalan dan mengecilkan risiko infeksi, sehingga menjadikannya ‘pemain’ yang kuat selama musim flu 2022 dan seterusnya. Vitamin ini bisa didapatkan dari minyak tumbuhan tertentu seperti minyak bunga matahari, kedelai, dan safflower. Bisa juga dari sayuran berdaun gelap seperti bayam atau sawi hijau, kacang almond, kacang-kacangan, labu, dan alpukat.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin penguat sistem kekebalan yang tak mendapat banyak pujian, namun membuat perbedaan cukup besar. Terlalu sedikit vitamin D bisa meningkatkan risiko infeksi. Sedangkan, mendapatkan cukup vitamin D bisa membantu sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Masalahnya adalah bahwa beberapa sumber vitamin D tak banyak dianggap enak, seperti hati sapi, minyak ikan cod, dan sarden.

Polifenol

Jangan berhenti untuk mencari vitamin terbaik untuk musim flu. Beberapa nutrisi bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat. Contohnya adalah polifenol. Senyawa itu berasal dari tumbuhan yang bisa membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Sehingga memudahkan tubuh mengambil langkah yang tepat untuk melawan infeksi. Untungnya, sebagian besar buah dan sayuran mengandung polifenol.

Beta Karoten

Pembangkit tenaga nabati lainnya untuk musim flu 2022 adalah beta-karoten yang memberi warna merah dan oranye pada tanaman. Ini memberikan sistem kekebalan tubuh juga. Untuk memasukkan lebih banyak ke dalam makanan, carilah produk berwarna cerah seperti ubi jalar, wortel, tomat, dan mangga.

Walaupun sebelum mengonsumsi vitamin di atas sudah terlanjur terkena flu, maka tidak ada salahnya untuk tetap minum vitamin tersebut.



(UWA)

Berita Terkait