KPU Kota Bandung Gelar Simulasi Pencoblosan Pemilu 2024

KPU Kota Bandung, Jawa Barat, melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di GOR Saparua Bandung. Medcom.id/ Roni Kurniawan KPU Kota Bandung, Jawa Barat, melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di GOR Saparua Bandung. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Bandung: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Jawa Barat, melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di GOR Saparua Bandung pada Selasa, 30 Januari 2024. Tujuan simulasi tersebut guna memastikan kelancaran pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Sekretaris KPU Kota Bandung, Noviansyah Adhany Akbar, mengatakan simulasi tersebut sebagai upaya untuk memberikan edukasi serta sosialisasi terhadap masyarakat agar saat hari pencoblosan bisa berjalan dengan lancar.

"Simulasi ini untuk memberikan edukasi sekaligus sosialisasi tentang bagaimana pelaksanaan dan teknis pada saat pelaksanaan pencoblosan nanti," kata Akbar dikutip dari Medcom.id pada Selasa, 30 Januari 2024.

Akbar mengatakan partisipasi masyarakat dalam simulasi tersebut sangat dibutuhkan. Sekitar 100 masyarakat di wilayah Kecamatan Bandung Wetan dilibatkan dalam proses simulasi tersebut agar memahami alur pencoblosan.

"Petugasnya dari seluruh anggota PPK dan keterlibatan masyarakat di lingkungan Kecamatan Bandung Wetan melibatkan kurang lebih 100 orang," jelasnya.

Simulasi tersebut sebagai upaya untuk memastikan para petugas pemilu baik KPPS dan PPK bertugas sesuai prosedur. Pasalnya pada hari pencoblosan KPU Kota Bandung tidak ingin adanya petugas yang masih kebingungan untuk pelaksanaan pencoblosan hingga penghitungan.

"Tentunya disini juga memerlukan partisipasi dari petugas, bagaimana cara mereka pelaksanaan bisa diikuti dengan baik dari segi pemungutan, penghitungan hingga sampai akhir," ungkap Akbar.



(SUR)

Berita Terkait