Longsor Tutup Jalan Utama Garut-Tasikmalaya

Material longsor menutup jalan utaam Garut-Tasikmalaya. MI/Adi Krstiadi Material longsor menutup jalan utaam Garut-Tasikmalaya. MI/Adi Krstiadi

Dadali:  Hujan deras yang mengguyur wilayah Jawa Barat mengakibatkan longsor di Kabupaten Garut hingga ruas jalan utama menuju Tasikmalaya tertimbun longsor. Longsor terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, sekitar pukul 16.40 WIB, Sabtu, 25 Desember 2021.
 
"Sebuah tebing setinggi 30 meter longsor dan menutup akses alternatif jalan utama provinsi Jabar. Arus kendaraan dari Garut menuju Tasikmalaya tak bisa dilalui karena kondisinya terputus total," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, dilansir Medcom.id, Minggu, 26 Desember 2021.
 
Dia menjelaskan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Tetapi, kemacetan panjang harus dialami pengendara baik dari arah Garut maupun arah Tasikmalaya.

Baca juga: Libur Nataru, Pemkot Bandung Pantau Keramaian via CCTV

"Kami sekarang masih menunggu alat berat ke lokasi kejadian, karena petugas gabungan tak bisa melakukan evaluasi material longsor dan kondisinya cukup tebal," jelasnya.
 
BPBD bersama TNI dan Polri dibantu warga langsung berupaya melakukan pembersihan material longsor menggunakan alat manual seperti cangkul, sekop dan golok untuk memotong pohon dan membersihkan material longsor.
 
"Kami meminta petugas kepolisian supaya melakukan pengaturan arus terutamanya bagi kendaraan supaya mereka bisa memutar balik mencari jalan lain. Karena akses jalan utama masih tertutup material longsor dan berbagai upaya sekarang tetap dilakukan supaya akses jalan tersebut bisa dilalui kembali tetapi bagi pengendara harus selalu waspada," ujarnya.



(NAI)

Berita Terkait