Yuk Sedekah Dengan Cara Ini! Niscaya Pahalanya Akan Terus Mengalir

Sumber: Moslem Lifestyle Sumber: Moslem Lifestyle

Dadali:  Sedekah menjadi perkara yang sangat dianjurkan bagi umat Islam sebagai ladang pahala. Tentunya, menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing.

Menurut istilah, sedekah adalah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan dan semata-mata mengharapkan rahmat Allah SWT. Namun, dalam Islam sedekah tidak hanya diukur dari materi. Bukan hanya harta atau uang, senyuman juga termasuk dalam kategori sedekah.

Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Muslim)

Selain bersedekah dengan uang, berikut, beberapa cara sedekah paling mudah yang bisa dilakukan setiap hari:

1. Bersenyum
Seringkali kita mendengar bahwa tersenyum merupakan bagian dari sedekah sesama Muslim. Hal ini benar adanya dan tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan sahabat Jabir bin Abdillah, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Setiap yang ma’ruf adalah sedekah, dan sesungguhnya diantara perbuatan yang ma’ruf adalah engkau bertemu saudaramu dengan wajah yang ceria”.

Dan selain itu, sahabat Abu Dzar radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda:

“Senyumanmu kepada saudaramu adalah sedekah”.

2. Menanam pohon
Menanam pohon merupakan amalan jariyah yang paling mudah dilakukan dan akan terus mengalir pahalanya hingga meninggal. Sebuah Hadis riwayat Imam Muslim menjelaskan:

Dari sahabat Jabir, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW memasuki pekarangan Ummu Ma’bad, kemudian beliau berkata, "Wahai Ummu Ma’bad siapakah yang menanam kurma ini? Muslim atau kafir?
Ummu Ma’bad menjawab, Muslim.”

Lalu Nabi Bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu memakannya baik manusia atau keledai atau burung kecuali itu akan menjadi sedekah baginya hingga hari kiamat.” (HR. Muslim)

3. Menyingkirkan sesuatu di jalan
Jika sedang berjalan dan melihat batu atau benda yang berpotensi melukai atau mengganggu orang lain, segeralah menyingkirkannya karena itu salah satu bentuk sedekah dan akan diampuni segala dosa-dosanya. Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW menyabdakan:

“Saat seorang pria sedang berjalan, tiba-tiba ia mendapati sebuah dahan berduri yang menghalangi jalan. Kemudian ia menyingkirkannya. Maka Allah bersyukur kepadanya dan mengampuni dosa-dosanya.” (HR al-Bukhari)

Baca juga: Subhanallah, Ini Ganjaran Bagi Anda yang Kerap Memuliakan Anak Yatim

(NAI)