Hari Ini, Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam penyampaian Laporan Tahunan Komisi Yudisial Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 9 Maret 2022. Foto: Antara/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/aa. Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam penyampaian Laporan Tahunan Komisi Yudisial Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 9 Maret 2022. Foto: Antara/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/aa.

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pelantikan itu akan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 10 Maret 2022.

"Pada Kamis pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dilansir dari Antara, Kamis, 10 Maret 2022.

Heru menyampaikan acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan oleh Sekretariat Presiden. Agenda pelantikan akan diawali dengan prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan.

Baca: Jokowi: Pers Jangan Sekadar Kejar Klik dan Viewers

"Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB," kata Heru.

Latar belakang Bambang Susantono

Diketahui, Bambang Susantono merupakan Wakil Menteri Perhubungan pada 2009-2014. Ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Pria kelahiran 4 November 1963 itu adalah alumnus Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1987 dan berkarir sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Baca: Kunjungan ke Samosir, Jokowi Resmikan Kampung Ulos Huta Raja

Bambang memperoleh gelar magister tata kota dari University of California, Berkeley, pada 1996 dan master bidang transportasi dari universitas yang sama pada 1998. Selanjutnya ia juga mengambil doktor bidang perencanaan infrastruktur masih dari universitas yang sama.

Saat ini Bambang menjabat sebagai Wakil Presiden Bidang Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan di Asian Development Bank (ADB) sejak Juli 2015.



(UWA)

Berita Terkait