Sempat Terkendala, Pembuangan Sampah ke TPA Sarimukti Berangsur Normal

Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Nurjaman. Foto: Dok/Metro TV Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Nurjaman. Foto: Dok/Metro TV

Dadali: Aktivitas pengangkutan dan pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Bandung Barat, berangsur kembali normal. Meskipun, tumpukan sampah masih terlihat di sejumlah lokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
 
Sebelumnya, penumpukan sampah di TPA Sarimukti terjadi lantaran puluhan truk sampah tertahan beberapa hari di sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS). Penyebabnya akibat tidak adanya bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat di tempat pembuangan akhir.
 
Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Nurjaman menyebut, TPA Sarimukti tidak mau menerima sampah jika tidak didampingi oleh alat berat.

Baca juga:  Jalur Cianjur-Sukabumi Longsor, Aktivitas Warga Terhambat

“Di TPA Sarimuktinya juga sudah tidak menerima sampah untuk dibuang kesana, karena tidak didampingi oleh alat berat. Alat berat itu sangat penting apalagi musim seperti ini gitu kan,” jelas Nurjaman dalam tayangan Headline News di Metro TV, Selasa, 9 November 2021.
 
Nurjaman menjelaskan alat tersebut sangat dibutuhkan untuk sistem penguburan sampah. Selain itu, alat berat juga digunakan untuk penggalian tanah, memasukkan sampah ke tanah dan penutupan tanah.
 
“Harus didampingi oleh alat berat itu, sementara BBM dari alat berat itu, dari pihak provinsi yang pengelola sampah di sana itu belum ada,” kata Nurjaman.



(NAI)

Berita Terkait