Depok Duduki Posisi Terendah Tingkat Kemiskinan se-Jawa Barat

Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana. Foto: Antara/Feru Lantara/am Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana. Foto: Antara/Feru Lantara/am

Depok: Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat mencatat, Depok menjadi kota dengan persentase penduduk miskin terendah se-Jawa Barat pada 2021, yakni 2,58 persen. Angka tersebut jauh di bawah angka kemiskinan provinsi sebesar 8,40 persen.

"Meski angka kemiskinan Kota Depok capai 2,58 persen, kita patut bersyukur masih berada pada posisi paling rendah di Jawa Barat," ucap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana, dilansir dari Antara, Rabu, 23 Februari 2022.

Dadang mengatakan, kondisi pandemi covid-19 berdampak pada perekonomian masyarakat di Jawa Barat. Salah satunya di Kota Depok.

Baca: BMKG: Waspada Hujan Lebat Guyur Sebagian Besar Wilayah

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memiliki sejumlah strategi untuk menekan angka kemiskinan. Salah satunya, program pembangunan yang diorientasikan pada pemulihan ekonomi.

Berbagai program yang telah ditetapkan, yakni lima ribu wirausaha baru (start up) dan seribu perempuan pengusaha. Selanjutnya, Kartu Depok Sejahtera (KDS) dan mulai menyelesaikan mismatch atau ketidaksesuaian antara angkatan kerja (lulusan) dengan dunia kerja.

Selain itu, pihaknya menggairahkan kembali investasi yang dapat menyerap tenaga kerja lokal. Semua program ini merupakan upaya untuk menekan angka kemiskinan di Kota Depok.



(UWA)

Berita Terkait