Kompetisi Bola Basket 3x3 Livin Mandiri Kini Sambangi Jawa Barat

Kompetisi Basket 3x3 Pada Pon Papua Kompetisi Basket 3x3 Pada Pon Papua

Dadali: Setelah seri Jakarta digelar Maret lalu, kompetisi bola basket 3x3 tingkat U-18 dan U-23 putra dan putri  kini bergulir ke wilayah Jawa Barat. Kompetisi yang bertajuk "Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022"  tersebut digelar untuk  mencari bibit-bibit muda yang diharapkan menjadi atlet nasional dan memajukan bola basket 3x3 Indonesia.

"Cita-cita triple S ingin secara berkesinambungan talenta baru dari bawah terus tetap ada apalagi SEA Games kita mengalahkan Filipina mendapatkan emas yang bisa menjadi momen untuk meningkatkan perbasketan Indonesia," kata Direktur Supersport Sensation International, Azwan Karim dilansir dari Antara, Kamis, 23 Juni 2022.

Menurut Azwan jumlah keikutsertaan masih terbilang sedikit tetapi justru menjadi harapan Indonesia terbukti dengan keberhasilan timnas bola basket 3x3 putri meraih medali perunggu SEA Games Vietnam. Dirinya berharap turnamen tersebut dapat menjadi salah satu wadah bagi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk pencarian bakat.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PP Perbasi George Fernando Dendeng mengaku telah memantau beberapa pemain berbakat dari turnamen tersebut.

"Perbasi secara khusus sudah memantau pemain-pemain juga, dan beberapa pemain Mandiri Livin' sudah kita panggil tim nasional. Ke mana pun turnamen ini bergulir akan ada Perbasi yang memantau," kata George.

Tournament tersebut sudah memasuki babak penyisihan kota (City Selection) seri Jawa Barat  pada 18 Juni di kota Bogor dan kota Bandung pada 22 Juni 2022. Selanjutnya setelah babak penyisihan, format kompetisi akan berlanjut ke tahap Final kota (City Finals) dan Final Provinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di GOR Saparua, Bandung pada 25-26 Juni 2022.

Bagi tim-tim yang mampu lolos ke tahap City Final, akan diberikan alokasi dana transport ke Bandung sejumlah Rp400.000. Penyelenggara mengatakan akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi peserta, panitia juga para pengunjung dalam perhelatan turnamen.

Setelah seri Jawa Barat, penyelenggara juga sudah melakukan persiapan untuk seri berikutnya, yakni di Jawa Tengah yang akan berlangsung pada 20-21 Agustus dan Jawa Timur diharapkan dapat digelar pada 28-29 Oktober. Selanjutnya untuk juara 1 & 2 dari setiap provinsi akan otomatis lolos ke tahap Grand Finale yang akan digelar pada Desember 2022.



(UWA)