BPBD Cianjur Evakuasi Korban Banjir di Tiga Kampung 

Tiga kampung di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terendam banjir setinggi paha orang dewasa, sehingga warga melakukan evakuasi mandiri dan dibantu relawan BPBD Cianjur dan PMI Cianjur, Sabtu (5/11/2022) malam. (FOTO ANTARA/Ah Tiga kampung di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terendam banjir setinggi paha orang dewasa, sehingga warga melakukan evakuasi mandiri dan dibantu relawan BPBD Cianjur dan PMI Cianjur, Sabtu (5/11/2022) malam. (FOTO ANTARA/Ah

Banjir merendam tiga kampung di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu, 5 November 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengevakuasi warga kampung Jogjogan, Babakan dan Bobojong di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan pihaknya sudah mengirim petugas ke lokasi untuk melakukan pendataan dan menyiagakan sukarelawan. Relawan dikerahkan untuk membantu evakuasi warga ke sejumlah titik yang dinilai aman dari jangkauan banjir yang merendam tiga kampung terdampak.

"Sebagian kecil warga melakukan evakuasi mandiri, namun masih banyak yang terjebak banjir yang datang tiba-tiba dan merendam perkampungan," kata Rudi, dikutip dari Antara, Minggu, 6 November 2022.

Sebanyak 30 Relawan Tangguh Bencana (Retana) dari dua kecamatan terdekat diminta terus bersiaga untuk lebih dulu membantu mengevakuasi warga ke tempat yang dinilai aman. BPBD Cianjur mencatat tiga rumah di Kampung Jogjogan terbawa derasnya banjir yang menghantam perkampungan .Sedangkan rumah yang terendam di tiga kampung tersebut lebih dari 100 unit. 

Saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari petugas di lapangan untuk angka pastinya. "Saat ini, kita fokuskan evakuasi warga karena hujan masih turun dan arus sungai masih deras masuk ke perkampungan warga. Kita akan mendirikan posko untuk menyalurkan bantuan," ucap Rudi.

Koordinator Relawan PMI Cianjur, Rahmat Pribadi, mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan puluhan relawan PMI di Kecamatan Cidaun dan Sindangbarang. Salah satunya untuk melakukan pendataan dan membantu mengevakuasi warga.

"Kita segera mengirim bantuan yang dibutuhkan warga korban banjir Cidaun," ujar Rahmat.

Sebelumnya air sungai Cidamar meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur daerah itu sejak Sabtu siang, 5 November 2022.

Baca Juga: BPBD Usulkan Perbaikan Jalan Tergerus Longsor di Kecamatan Parungponteng

(SUR)

Berita Terkait