Menuju Endemi Covid-19, Ini Skenario Pemkot Depok

Wali Kota Depok Mohammad Idris. Foto: Antara/Foto: Feru Lantara Wali Kota Depok Mohammad Idris. Foto: Antara/Foto: Feru Lantara

Depok: Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan sejumlah skenario yang akan diterapkan dalam melakukan transisi status kota Depok, Jawa Barat, dari pandemi ke endemi covid-19. Sebanyak tiga skenario telah dipersiapkan.

"Pertama skenario menghadapi peralihan dari pandemi ke endemi adalah vaksinasi yang efektif," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dilansir dari Antara, Minggu, 13 Maret 2022.

Skenario kedua, langkah dasar pengelolaan covid-19 menjadi penyakit musiman. Hal ini seperti yang telah diungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa covid-19 akan menjadi layaknya flu biasa. Namun, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan virus covid-19 jenis baru tersebut.

Baca: Kabupaten Cirebon Catat Kasus Sembuh dari Covid melebihi Kasus Positif

Dia menambahkan pihaknya tengah menyiapkan peraturan daerah (perda) mengenai prokes. Perda tersebut telah disahkan DPRD Kota Depok dan sedang dievaluasi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Dengan perda tersebut nantinya dalam hal tindakan-tindakan. Termasuk juga sanksi kepada masyarakat," terang dia.

Skenario ketiga, langkah ketika memasuki situasi terburuk berupa mitigasi ancaman varian baru covid-19. Namun, Idris berharap hal tersebut tidak terjadi.

Hingga saat ini kasus covid-19 di Kota Depok mengalami penurunan. Jumlah pasien terkonfirmasi positif tercatat berada di kisaran 300 kasus per hari. Jauh lebih rendah dibanding 2.000 kasus pada gelombang puncak Omicron beberapa waktu lalu.



(UWA)

Berita Terkait