Waduh! Puluhan Makam Jenazah Covid-19 di TPU Cikadut Ambles Gara-gara Ini

Sejumlah makam jenazah covid-19 amblas di TPU Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi) Sejumlah makam jenazah covid-19 amblas di TPU Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Dadali: Puluhan makam khusus jenazah covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat, diketahui ambles. Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Bandung, Sumpena, menilai hal tersebut terjadi akibat faktor cuaca.  
 
Selain faktor cuaca, kondisi tanah di kawasan itu memang sudah tidak padat usai dialihfungsikan menjadi makam khusus covid-19.
 
"Waktu pemakaman yang dilakukan musim kemarau dan sekarang masuk musim hujan, itu pasti ambles. Apalagi di Cikadut, pakai peti dan kualitas tidak bagus, jadi cepat rapuh dan tanahnya ambles," kata Sumpena di Bandung, Jawa Barat, dilansir Medcom.id, Kamis, 11 November 2021.

Tak hanya itu, dia menjelaskan faktor lainnya yang menyebabkan makam ambles, yakni pengerukan tanah dilakukan tidak secara manual dengan dicangkul. Makam di lokasi ini digali menggunakan alat berat.
 
Dia menerangkan, makam-makam yang ambles tersebut kini telah ditangani petugas TPU. Petguas meratakan dan memadatkan tanah agar kejadian tak berulang.

Baca juga: Ini Jurus Bima Arya Atasi Pengangguran di Kota Bogor
 
"Ini bukan longsor seperti di Cikutra, ambles ini karena pakai peti dan petinya rapuh," jelasnya.
 
Salah satu petugas TPU Cikadut, Rasef, menyebut ada sekitar 30 makam yang tanahnya ambles. Pihaknya pun telah memberitahukan kejadian itu kepada para keluarga atau ahli waris.
 
Dia menduga, amblesnya sejumlah makam itu salah satunya disebabkan kualitas peti bagi jenazah covid-19 yang kurang memadai.
 
"Itu cepat ambles, kalau petinya bagus biasanya nggak bakal ambles," ujar Rasef



(NAI)