Inspiratif! Mahasiswa Unpad Ciptakan Makanan Pendamping ASI Pencegah Stunting

Lima mahasiswa Universitas Padjadjaran menunjukan produk inovasi mereka berupa makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mencegah stunting yang diberinama Lima mahasiswa Universitas Padjadjaran menunjukan produk inovasi mereka berupa makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mencegah stunting yang diberinama

Jatinangor: Mahasiswa Agrotechnopreneur Fakultas pertanian Universitas Padjadjaran berinovasi menciptakan makanan pendamping ASI (MPASI) instan untuk mencegah stunting. MPASI tersebut diberi nama Dekamon Chunk.

Inovasi tersebut di gagas Riri bersama empat orang temannya yaitu Itsnaini Syakirah, Styarini Rahayuningsih, Ayesha Humaira, dan Muhammad Kamal, dibawah bimbingan dosen Pertanian Unpad, Ana Khalisa.

Ia menyebut bahwa Dekamon Chunk merupakan produk MPASI instan berbentuk kubus yang dibuat dengan metode Dehydrated Press agar praktis dan tahan lama.

“Selain bernilai gizi, produk Dekamon Chuck ini juga praktis digunakan,” kata Inovator Riri Andini dilansir dari Antaranews.com, Kamis, 12 Oktober 2023.

Bahan yang digunakan berasal dari olahan organik tanpa tambahan perasa buatan. Bahannya terdiri dari sayur kale, salmon, wortel, bawang merah, dan bawang putih.

“Melalui program kreativitas mahasiswa, kami ingin berkontribusi dalam menekan prevalensi stunting di Indonesia. Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan sayuran kale dimana sayuran ini sangat banyak mengandung nutrisi,” lanjutnya.

Cara penyajian produk tersebut sangat praktis dengan hanya mencampurkan 1 kubus Dekamon Chunk untuk porsi makanan bayi, ibu bayi hanya perlu menyiapkan karbohidrat pendampingnya seperti nasi, bubur atau kentang.

 



(SUR)

Berita Terkait