Jangan Asal, Perhatikan Beberapa Hal Ini saat Menjemur Ikan Cupang Kesayangan Kalian

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Dadali: Di tengah pandemi covid-19, ikan cupang sempat menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melejit. Lihat saja, pedagang ikan cupang mulai bermunculan kembali di beberapa sudut jalan sejak covid-19 melanda. Ikan hias satu ini memang dikenal akan keindahan warna dan bentuknya. Sehingga masyarakat tentu akan tergoda untuk membelinya.

Merawat ikan cupang bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebenarnya cara perawatannya tidak terlalu sulit, tetapi dibutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara bisa berkembang dengan baik. 

Adapun salah satu cara yang biasa dipraktikan oleh pengoleksi ikan cupang supaya ikan miliknya menjadi lebih fit, lincah, dan agresif. Cara yang dimaksud, yakni dengan menjemur ikan cupang di bawah paparan sinar matahari.

Baca juga: Ingin Cerahkan Warna Ikan Cupang? Yuk, Intip Rahasianya di Sini

Tetapi, tahukah kamu bahwa menjemur ikan cupang tidak boleh sembarangan lho. Ada teknik dan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menjemur ikan cupang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menjemur ikan cupang yang benar.

1. Jangan langsung terpapar cahaya sinar matahari

Menjemur ikan cupang langsung di bawah paparan cahaya sinar matahari dianggap kurang baik. Sebaikanya kalian menjemur ikan cupang secara tidak langsung, seperti di jendela yang memantulkan cahaya sinar matahari atau di sudut rumah yang terkena paparan cahaya cinar matahari.

2. Tidak perlu sering-sering

Ikan cupang tidak perlu dijemur setiap hari. Cukup menjemur ikan cupang sebanyak tiga hari sekali agar tidak berlebihan. Jangan sampai karena saking inginnya ikan cupang berkembang biak dengan baik kalian malah melakukan suatu hal secara berlebihan. Sebab, hal itu bisa berdampak kurang baik bagi ikan hias satu ini. Kalian bisa menjemur ikan cupang di rumah saat mengganti air di wadah ikan cupang.

3. Jangan lupa untuk memberi sekat

Ikan cupang tidak dianjurkan untuk diperlihara dalam satu wadah dengan ikan sejenisnya. Hal ini dikarenakan mereka cenderung akan saling serang ketika ditempatkan dalam wadah yang sama. Itulah alasan mengapa orang yang mengoleksi banyak ikan cupang akan memberikan jarak atau pembatas pada masing-masing wadah ikan cupang. 

Baca juga: Ikan Cupang Terlihat Lesu? Ini Tips yang Baik dan Benar untuk Merawatnya

Ketika menjemur ikan cupang, hal itu pun perlu diperhatikan. Jangan sampai kalian lupa untuk memberikan sekat ketika kalian menjemur ikan cupang lebih dari satu ekor. Giat tersebut dianggap penting untuk menjaga stamina ikan cupang.

4. Jemur di pagi hari

Sama seperti bayi, kita sebaiknya menjemur ikan cupang di pagi hari. Lakukanlah giat tersebut pada rentang pukul 07.00-09.00 WIB. Bila penjemuran ikan cupang dilakukan di atas pukul 09.00 WIB, dikhawatirkan paparan cahaya sinar matahari justru menjadi tidak baik bagi ikan cupang. Wah, bukan manusia saja, ternyata ikan cupang juga memiliki waktu yang disarankan untuk berjemur ya teman-teman!

5. Tidak perlu menjemur ikan cupang lama-lama

Tidak perlu lama-lama, ikan cupang cukup dijemur selama 5 menit. Dilihat dari kanal YouTube GMM Family, kalian diperbolehkan menjemur ikan cupang sekitar 15 menit. Dengan catatan, bila cahaya sinar matahari dirasa kurang cukup kuat. Usahakan saat ikan cupang dijemur, kalian tetap memantau dan jangan meninggalkannya begitu saja ya!



(SYI)

Berita Terkait