Sambut Ramadhan, 2.000 Santri di Cirebon Cukur Rambut Massal

Santri di Cirebon saat mengikuti cukur massal gratis di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (3/3/2023). (ANTARA/Khaerul Izan) Santri di Cirebon saat mengikuti cukur massal gratis di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (3/3/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon: Sebanyak 2.000 santri putra di Pondok Pesantren Gedongan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengikuti kegiatan cukur massal yang diadakan secara gratis.

Kegiatan cukur rambut tersebut dilaksanakan untuk menyambut bulan Ramadan. "Kegiatan cukur masal ini untuk menyambut bulan Ramadan sehingga para santri terlihat lebih rapi," kata Koordinator kegiatan cukur massal di Pondok Pesantren Gedongan, Ahmad Hisyam, dikutip dari Antaranews.com, Jumat, 3 Maret 2023.

Hisyam mengatakan kegiatan cukur massal ini sudah dilakukan kedua kalinya. Tahun lalu, peserta yang ikut tidak sebanyak sekarang.

Ia menambahkan kegiatan cukur massal ini juga dilakukan untuk memperingati haul pendiri Pondok Pesantren Gedongan, KH Muhammad Said yang ke-92.

"Kegiatan kali ini ada sebanyak 30 pencukur dari sejumlah wilayah yang menyumbangkan jasanya untuk mencukur para santri," ujarnya.

Salah seorang tukang pangkas rambut, Sardiah Abdillah, mengaku sudah terlibat dalam kegiatan cukur massal ini sejak tahun lalu.

Ia merupakan salah satu alumni Pondok Pesantren Kempek. Menurutnya, keterlibatannya dalam kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian. Karena ayah dari kiah di Pesantren Kempek merupakan keluarga besar dari Pondok Pesantren Gedongan.

"Oleh karena itu saya niatnya khidmah ke kiai dan memberikan kebahagiaan bagi para santri," kata Sardiah.

Sementara itu, salah satu santri asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Neris Dilan Raihan (20) mengatakan kegiatan ini telah ditunggu-tunggu oleh para santri. Selain karena rambutnya yang sudah gondrong, ia juga ingin menjalankan ibadah Ramadan dalam kondisi rambut yang lebih rapi.

"Karena pada bulan Ramadan itu, di pondok pengajiannya penuh. Khawatir tidak sempat cukur rambut," katanya.



(UWA)

Berita Terkait