56 Peserta Jambore Dunia Akan Tampilkan Angklung di Korsel

Sumber: Pemkot Bandung Sumber: Pemkot Bandung

BANDUNG: Sebanyak 56 anggota Pramuka asal Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), akan menampilkan angklung di World Scout Jamboree di Saemangeum, Korea Selatan (Korsel), pada Selasa, 8 Agustus 2023. Penampilan angklung ini ada dalam rangkaian acara bertajuk “Indonesia Day”.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jabar sekaligus istri Gubernur Jabar, Atalia Praratya, dan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Bandung, Ridlo Eisy, akan turut hadir menyaksikan penampilan tersebut.

“Nantinya angklung akan dimainkan ketika Indonesian Day, akan dihadiri langsung oleh Kak Atalia dan Kak Ridlo,” kata Kepala Sekretariat/Staf Binamuda Kwarcab Kota Bandung, Sri Oktapia Juwita, dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Selasa, 8 Agustus 2023.

Sri berharap penampilan itu bisa menginspirasi organisasi Pramuka, serta mengharumkan nama Kota Bandung lewat angklung.

“Bisa menginspirasi anggota Pramuka lainnya, semangat bagi organisasi Pramuka. Dari kebudayaan, tentunya bisa membawa nama baik Kota Bandung melalui pengenalan budaya bahwa Kota Bandung sebagai kota angklung,” ujarnya.

World Scout Jamboree ke-25 di Korsel ini diselenggarakan pada tanggal 2 sampai 12 Agustus 2023. Kota Bandung mengirimkan 71 perwakilan yang terdiri atas 57 peserta, lima pembina pendamping, sembilan orang International Service Team (IST), serta dua orang visitor.

Adapun 56 peserta yang akan menampilkan angklung masing-masing memainkan dua angklung. Jadi, jumlah angklung yang dimainkan lebih dari 100 buah. Peserta akan membawakan lagu berjudul I Have a Dream dari Westlife.



(SUR)