Dahsyat, Ini Beragam Manfaat Sujud Dalam Salat

Ilustrasi Sujud/Medcom.id Ilustrasi Sujud/Medcom.id

Dadali: Seperti yang kita ketahui sujud merupakan salah satu gerakan dalam salat dan termasuk dalam rukun wajibnya. Namun, belum banyak yang mengetahui jika sujud memiliki banyak manfaat lho.

Gerakan sujud ini telah banyak diteliti oleh ahli dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Dilansir dari berbagai sumber berikut beragam manfaat dari gerakan sujud.

Meningkatkan aliran oksigen dan baik untuk otak

Tanpa Anda sadari, posisi sujud memposisikan jantung berada di atas otak, posisi tersebut dinilai dapat mengalirkan darah yang kaya oksigen. Dengan begitu darah menjadi lebih optimal ke kepala (otak).

Tidak hanya itu, dengan melakukan sujud maksimalnya aliran darah dan oksigen ke area mata, hidung, telinga, leher, pundak, serta hati. Dapat membongkar sumbatan pembuluh darah di jantung, kemudian menurunkan resiko penyakit jantung koroner lho.

Mengendalikan otot perut

Manfaat lainnya dari gerakan sujud saat salat adalah membantu tubuh mengendalikan otot perut agar tidak mengembang terlalu besar. Apabila dilakukan terus-menerus, tanpa sadar gerakan sujud dapat memperkuat otot-otot abdominal lho.

Baik untuk pencernaan

Manfaat sujud selanjutnya yakni baik untuk sistem pencernaan Anda. Ternyata dengan posisi sujud membuat usus seperti dipijat. Hal tersebut dapat melancarkan gerakan peristaltik, yang akhirnya memudahkan buang air besar dan mencegah ambeien atau wasir.

Baca juga: Jangan Salah Tafsir, Ini Penjelasan Tanda Hitam di Kening

Mencegah hernia

Sujud juga bermanfaat bagi kesehatan organ vital para lelaki. Posisi sujud, dinilai baik dalam mengurangi penumpukan cairan di rongga perut. Dengan begitu akan meringankan sakit hernia, serta mencegahnya kambuh.

Memperbaiki kelenjar susu

Gerakan sujud juga memiliki manfaat kesehatan bagi wanita lho, yakni menjaga serta memperbaiki kelenjar susu. Posisi sujud akan melatih otot perut dan otot dada. Beban tubuh yang condong di bagian depan akan memberi kontraksi otot dan efek memperbaiki kelenjar susu wanita.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu." (HR. Muslim)

Itulah beragam manfaat dari gerakan sujud bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

(NAI)