Warga Diimbau Waspada saat Melintas Rel karena Laju Kereta Dipercepat

Kepala Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat, Senin (22/5/2023). (ANTARA/Khaerul Izan) Kepala Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat, Senin (22/5/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 3 Cirebon, Jawa Barat, mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat melintas di perlintasan sebidang di Cirebon. Diterapkannya grafik perjalanan kereta 2023, kecepatan KA yang melintas di wilayah tersebut bisa mencapai 120 kilometer per jam.

"Kami akan menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka pada 1 Juni 2023, di mana kecepatan KA tertinggi sudah mencapai 120 kilometer per jam," kata Kepala KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana di Cirebon, dilansir dari Antara, Senin, 22 Mei 2023.

Dicky mengatakan, Gapeka 2023 tersebut menggantikan Gapeka 2021. Kebijakan terbaru ini memuat peningkatan kecepatan KA yang melintas di beberapa jalur masuk di wilayah Daop 3 Cirebon.

Peningkatan kecepatan KA diberlakukan pada lintas Cirebon sampai ke Songgom, yakni Brebes dari 105 kilometer per jam pada Gapeka 2021 menjadi 120 kilometer per jam, kemudian lintas antara Cirebon ke Brebes. 

Selain itu, pada lintas antara Cikampek ke Cilegeh, kecepatan bertambah dari 105 menjadi 115 kilometer per jam. "Begitu juga di jalur lintas antara Cilegeh ke Cirebon dari sebelumnya 100 kilometer per jam menjadi 110 kilometer per jam," tambahnya.

Ia mengimbau masyarakat yang melintas di perlintasan sebidang di wilayah tersebut terutama tanpa palang pintu, harus berhati-hati. Perubahan jadwal pada Gapeka 2023 juga memengaruhi waktu melintasnya kereta sehingga masyarakat harus lebih waspada.

"Kami mengingatkan para pengendara yang melintasi perlintasan sebidang KA agar berhati-hati dan tertib berlalu lintas sehubungan terdapat beberapa perubahan jadwal kereta api yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon," imbaunya.



(SUR)