Tekan Inflasi, Pemkot Cirebon Gelar Operasi Pasar Murah

Warga membeli telur di pangan murah yang digelar oleh Pemprov Jawa Barat di Cirebon, Jabar, Selasa (8/11/2022). (ANTARA/Khaerul Izan) Warga membeli telur di pangan murah yang digelar oleh Pemprov Jawa Barat di Cirebon, Jabar, Selasa (8/11/2022). (ANTARA/Khaerul Izan)

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menggelar operasi pasar murah  pada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan. Hal itu dilakukan untuk  menekan laju inflasi. 

"Ada beberapa komoditas masih menunjukkan harga yang cukup tinggi, di antaranya telur ayam, untuk itu kami tidak akan membiarkan itu, sehingga akan kami intervensi dengan operasi pasar," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi dikutip dari Antara, Rabu, 14 Desember 2022.

Pada November 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,09 persen dengan tingkat inflasi tahun kalender November sebesar 4,50 persen.

Adapun komoditas yang mengalami kenaikan yakni telur ayam dengan harga Rp32.500 per kilogram dan  daging ayam Rp31 ribu per kilogram. Sedangkan komoditi lainnya masih stabil, jika pun naik tidak terlalu signifikan.

Untuk itu, Pemkot Cirebon tidak akan membiarkan harga terus naik dengan melakukan kembali operasi pasar di beberapa titik jelang momentum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Agus menambahkan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, belum lama ini telah melakukan gelar pangan murah langsung di kawasan yaitu digelar per kecamatan.

Strategi tersebut efektif untuk menurunkan harga dibandingkan jika melakukan operasi pasar di kawasan pasar. Dengan demikian, strategi yang sama juga akan dijalankan pelaksanaan operasi pasar jelang Natal dan Tahun Baru.

"Operasi pasar akan menggandeng pihak terkait, termasuk Bank Indonesia (BI), Bulog, PPI dan lainnya. Untuk komoditas yang dijual, akan kami tentukan, terutama yang mengalami kenaikan," ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Subsidi Sejumlah Komoditas Pangan Lewat Operasi GPM

 



(UWA)

Berita Terkait