Kasus DBD di Bandung Diprediksi Terus Meningkat Hingga Akhir Tahun

ilustrasi/Medcom.id ilustrasi/Medcom.id

Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Bandung terus meningkat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat 4.363 kasus DBD per Oktober 2022, melebihi 3.743 kasus DBD pada 2021.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, Ira Dewi Jani, mengatakan bahwa kasus DBD di 2022 tertinggi tercatat pada periode Januari-Juli dengan 3.982 kasus. Periode yang sama pada 2021 hanya tercatat 1.516 kasus.

"Agustus-Oktober, kasus pada 2022 lebih sedikit daripada periode sama pada 2021. Trennya menurun daripada periode sama pada 2021," jelas Ira, dikutip dalam laman Medcom.id, pada Rabu, 9 November 2022.

Kasus DBD periode Agustus-Oktober 2022 sebanyak 381. Sementara 2021, pada periode sama mencapai 1.057 kasus.

Dari pengamatan Dinkes Kota Bandung, kasus DBD tinggi saat musim hujan. Namun, cuaca bukan satu-satunya faktor, masih ada faktor lainnya yang menimbulkan kasus DBD.

"Kecamatan Buahbatu menjadi wilayah dengan kasus terbanyak per Agustus 2022. Pihaknya pun antisipasi kasus DBD dengan pemberantasan tempat pengindukan nyamuk aedes aegypti, dan aedes albopictus sebagai vektor penyebaran virus penyakit itu kepada manusia," lanjutnya.

Ira meminta masyarakat untuk bersikap waspada perkembangbiakan vektor virus penyebab DBD terhadap manusia tersebut. Gerakan satu rumah satu jumantik (G1R1J) juga harus benar-benar berjalan. Beriringan dengan itu, langkah 3M plus-menguras, mengubur, menutup, dan pemberian abate mesti selalu menjadi perhatian.

Baca Juga: Dinkes: Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak di Bandung Capai Angka Nol

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) mencatat angka demam berdarah atau DBD di Jabar mencapai 27.010 kasus dari Januari-Agustus 2022. Dari data tersebut, dilaporkan sebanyak 241 kematian terjadi akibat DBD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar, Ryan Bayusantika Ristandi, mengatakan angka kasus DBD ini diprediksi akan terus meningkat. Penyebabnya karena saat ini wilayah di Jabar telah masuk musim penghujan.

"Kemungkinan tetap ada (penambahan jumlah kasus DBD), terutama kalau masih ada yang lalai tidak waspada terhadap adanya sarang nyamuk. Seperti tidak memperhatikan kebersihan situasi tempat tinggal atau tempat beraktivitas," ujar Ryan.



(SUR)

Berita Terkait