Pemkot Bekasi Beri Kucuran Dana Puluhan Miliar untuk UMKM

capt: Ilustrasi bantuan tunai/MI capt: Ilustrasi bantuan tunai/MI

Dadali: Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, mengeluarkan anggaran sebesar Rp43 miliar sebagai bantuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya. Hal itu menyusul masa pandemi covid-19 yang masih terjadi.

"Kita memberikan dana stimulan. Kalau stimulan itu kan sekarang sudah hampir Rp43 miliar yang kemudian digelontorkan untuk UMKM yang ada," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, saat menghadiri acara Badan Nasional Pemberantasan Teroris (BNPT) di Bekasi Timur, Senin, 16 Agustus 2021.

Ia mengatakan pihaknya akan terus mendorong sejumlah pelaku usaha untuk berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru. Hal itu juga merupakan wujud perhatiannya kepada warga yang telah kehilangan pekerjaan saat pandemi covid-19.

Baca: Kota Malang Targetkan Masuk Zona Oranye Pekan Ini

"Seperti apakah itu bantuan terhadap kelompok tani magot, kelompok tani hidroponik, kemudian yang sedang kita lakukan juga kegiatan berwawasan lingkungan berkaitan dengan mengumpulkan minyak jelantah," ujarnya, mengutip dari Medcom.id, Selasa, 17 Agustus 2021.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan kepada sektor pariwisata. Melihat saat ini tempat wisata di Kota Bekasi tidak beroperasi lantaran pandemi covid-19.

Bantuan lain yang diberikan kepada pengelola pariwisata, kata dia, yakni melalui bantuan sosial hingga bantuan langsung tunai (BLT).
 
"Kan sama, seperti bantuan sosial seperti pembagian sembako yang ada kemudian bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat baik itu KIP, KIS, kemudian BLT non BLT dan lain sebagainya," ujarnya. (Antonio)



(RAO)

Berita Terkait