29 Ribu Balita di Kabupaten Garut Alami Stunting

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id
Dadali: Setelah menemukan Sebanyak 29 ribu balita di Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami stunting atau kegagalan tumbuh gizi.  Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan anggaran sebesar Rp60 miliar untuk percepatan penanganan stunting.

"Persentase anak yang mengalami stunting di Kabupaten Garut mencapai 16 persen tapi bagi semua pihak harus bersama-sama untuk melakukan penanganan salah satunya dengan melakukan pemberian makanan tambahan," ujar  Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman dilansir dari Medcom.id, Rabu, 22 Juni 2022.

Dirinya menambahkan pemberian makanan tambahan bisa dilakukan dari dana desa, kabupaten, hingga pihak ketiga, juga orang-orang kaya atau orang-orang dengan ekonomi mampu."Kita harapkan semua untuk langsung terjun menyelamatkan anak-anak kita dari masalah stunting," katanya,

Menurut Helmi, berdasarkan data dari TPPS Kabupaten Garut, jumlah balita yang sudah ditimbang sebanyak 172.679 atau 80,1 persen dari total sasaran balita yang ditimbang sebanyak 215.615 balita. Namun, balita yang mengalami stunting sebanyak 29.086 balita atau 16,8 persen.

"Anggaran penanganan yang dibutuhkan Rp60 miliar dan yang disiapkan dari Dinas Kesehatan itu baru ada Rp 3 miliar," ucap Helmi.

(UWA)