Upaya Pemerataan Listrik, Pemkab Bandung Tambah 28 Ribu Penerangan Jalan Umum

Illustrasi: Medcom.id Illustrasi: Medcom.id

Bandung: Sebanyak 28 ribu fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) akan dipasang di seluruh wilayah Kabupaten Bandung. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya pemerataan akses listrik bagi warga di wilayahnya.

Hingga saat ini, setidaknya masih ada 3.045 rumah di Kabupaten Bandung yang belum memiliki akses listrik. Ribuan rumah tersebut tersebar di 16 desa yang ada di enam kecamatan.

"Luasnya wilayah Kabupaten Bandung menjadi tantangan untuk pemerataan fasilitas ke seluruh penjuru. Hal inilah yang mendorong Kabupaten Bandung untuk memacu infrastruktur guna mempercepat pemerataan pembangunan," ucap Bupati Bandung, Dadang Supriatna, dikutip dari Medcom, Sabtu, 1 April 2023.

Kabupaten Bandung juga berencana meluncurkan program Bedas Caang Baranang untuk melakukan akselerasi pemerataan akses listrik. Baik dengan jaringan konvensional, maupun menggunakan tenaga terbarukan, seperti tenaga surya dan lainnya.

Ke depannya, pihaknya juga akan melakukan pendekatan pentahelix dan mengundang para pengusaha untuk duduk bersama. "Dengan begitu, ribuan rumah termasuk masjid-masjid yang belum mempunyai penerangan bisa mendapatkan jaringan listrik," ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan sebanyak 7.000 unit rumah untuk dibangun rumah tinggal layak huni. Akselerasi pembangunan infrastruktur secara masif ini, diharapkan dapat memacu bergeraknya ekonomi yang tumbuh secara berkeadilan.

"Dari rakyat untuk rakyat, jika pendapatan ekonomi meningkat, bisa saja pemberian insentif, seperti guru ngaji, RT/RW, PKK, Linmas, dan sebagainya jadi ikut bertambah," kata Dadang.


 

(UWA)