Capaian Vaksinasi Covid-19 di Cirebon Baru 40%, Ini Alasannya

Bupati Cirebon, Imron. (Istimewa) Bupati Cirebon, Imron. (Istimewa)

Dadali: Capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sampai saat ini masih 40 persen. Sementara itu, Kabupaten Cirebon sendiri harus bisa menyalurkan 1,7 juta vaksin untuk masyarakat tahun ini.
 
"Memang kami baru melakukan vaksinasi sekitar 40 persenan. Tapi kami optimistis, target akan bisa terkejar, meskipun waktu tinggal dua bulan lagi," kata Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, seperti dilansir dari Medcom.id, Selasa, 2 November 2021.
 
Menurut Imron, telatnya vaksinasi disebabkan beberapa hal. Seperti kurangnya stok vaksin yang dimiliki Kabupaten Cirebon.

Namun saat ini, stok sudah tersedia dan bisa memenuhi sisa vaksinasi yang jumlahnya masih cukup besar itu. "Persoalan lain kenapa vaksinasi kita masih jauh dari target, karena ada kesalahan data juga. Di beberapa puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) itu sudah terdata lebih dari 60 persen, tapi ketika dibuka datanya malah kurang. Nanti akan kami perbaiki sistem datanya," tutur Imron.

Hal lain yang membuat pencapaian vaksinasi lambat, lanjut Imron, karena ada beberapa desa yang kinerjanya pasif. Pasalnya, puskesmas setempat ingin melakukan vaksinasi kalau saja masing-masing kepala desa menganjurkan warganya untuk divaksin.

Baca: Kejar 1,8 Juta Warga, DKI Sediakan Layanan Vaksin Malam Hari
 
"Kami inginnya akhir tahun ini sudah tercapai 100 persen. Lagi pula data setiap desa itu berbeda. Ada yang sudah tujuh persen tapi ada juga yang masih 20 persen. Jadi kendalanya ini ada di kemauan masing-masing kuwu (kepala desa) di setiap desa. Makanya kami sedang mendorong semua kuwu untuk agar warganya segera divaksin," jelas dia.
 
Imron menambahkan, untuk memenuhi target sampai akhir tahun, minimal 500 orang sudah harus mendapatkan suntikan vaksin per hari. "Mau tidak mau, setiap hari harus ada 500 warga Kabupaten Cirebon yang harus divaksin. Ini untuk mengejar target supaya akhir tahun bisa tercapai," terang dia.



(RAO)

Berita Terkait