Ada-ada Saja, Saluran Air di Bandung Jadi Tempat Tinggal, Siapa Penghuninya?

Tempat tinggal di gorong-gorong Kota Bandung. Foto: Instagram @didi_ruswandi Tempat tinggal di gorong-gorong Kota Bandung. Foto: Instagram @didi_ruswandi

Dadali: Sebuah kamar yang berada dalam gorong-gorong di Jalan Doktor Djunjunan, Kota Bandung, menghebohkan jagat media sosial. Pasalnya kamar di drainase itu lengkap dengan kasur, bantal, baju, hingga kursi.

Awalnya kamar yang diduga menjadi tempat tinggal itu ditemukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (Pu) Kota Bandung saat sedang membersihkan gorong-gorong. Penemuan yang mengejutkan itu dibagikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung melalui akun Instagram @didi_riswandi.

"Susah dipercaya! Di kolong drainase Jalan Djunjunan" tulis Didi dalam unggahannya.

"Ini drainase Jalan Djunjunan, dipakai buat rebahan," ucap dia dalam video tersebut.

Merespons hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, menyebut akan melakukan pengecekan terkait siapa penghuni kamar tersebut. Ia telah menugaskan aparat Kecamatan Cicendo untuk mengecek status kependudukan orang yang diduga tinggal di gorong-gorong itu.

Jika orang tersebut warga Kota Bandung, maka akan diupayakan dapat tinggal di tempat yang layak. Namun jika ternyata beridentitas luar kota, maka Pemkot Bandung akan membantunya untuk kembali ke kampung halaman.  
 
“Mang Oded juga telah meminta Dinas Sosial untuk menanganinya," lanjut dia, melansir dari Medcom.id, Kamis, 26 Agustus 2021.

Oded juga telah meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk mengecek gorong-gorong di kawasan yang lain. "Untuk memastikan tidak ada orang lainnya yang tinggal di gorong-gorong," katanya. (Muhammad Syahrul Ramadhan)



(RAO)