Lakukan 3 Amalan Baik Ini yang Dianjurkan Saat Hujan

Ilustrasi hujan. Medcom.id Ilustrasi hujan. Medcom.id

Dadali: Walau dinilai banyak merugikan, tak bisa dinafikan hujan merupakan sebuah keberkahan pemberian Allah Swt. Tanah yang gersang menjadi subur, sungai yang kering menjadi basah. Semua ini karena kuasa dari Allah Swt.

Untuk itu, sebagai Muslim, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur dan berdoa, apapun kondisinya. Termasuk ketika hujan turun.

“Dan sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-nya, engkau melihat bumi itu kering dan tandus, tetapi apabila Kami turunkan hujan di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya (Allah) yang menghidupkannya pasti dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fussilat : 39)

Sebagai tanda syukur kita kepada Allah atas hujan yang telah diturunkan, alangkah baiknya kita mengamalkan hal-hal shalih agar Allah Swt selalu melimpahkan rahmat dan tidak berkurang pertolongannya.

Dirangkum dari Oase.id berikut tiga amalan yang bisa dilakukan ketika hujan turun:

1. Bersyukur dan berdoa

Melalui hujan, Allah memberikan banyak kenikmatan kepada hambanya, maka dianjurkan bagi seorang Muslim untuk bersyukur dan memanjatkan doa. Sebagaimana yang dimunajatkan Rasulullah, diriwayatkan Aisyah Ra pernah berkata, saat hujan turun, Nabi berdoa :

Allahumma shayyiban nafi’an

"Ya Allah, jadikanlah hujan ini bermanfaat." (HR. Bukhari)

Dalam hadis lain, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : 1) Bertemunya dua pasukan, 2) Menjelang salat dilaksanakan, dan 3) Saat hujan turun.”

Baca juga: Naudzubillah Min Dzalik, Ini Deretan Azab untuk Anda yang Meninggalkan Salat Jumat

2. Mengambil keberkahan air hujan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik Ra berkata, “Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah, lalu Rasulullah menyingkap bajunya hingga terguyur hujan."

Kemudian kami bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.” (HR. Muslim no. 898)

Namun, para ulama menganjurkan tentang hal menyingkap untuk tetap menjaga batas aurat saat terguyur air hujan.

3. Dianjurkan untuk berwudhu

Apabila air hujan yang turun cukup deras, maka seorang muslim dianjurkan untuk berwudhu dengannya. Sebagaimana hadis Rasulullah.

“Apabila air mengalir di lembah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci”. Kemudian kami bersuci dengannya.” (HR. Muslim)



(NAI)