Presiden Jokowi Tegaskan Api Semangat Bangsa Indonesia Harus Terus Menyala

Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo.

Dadali: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan semangat bangsa harus terus menyala. Semangat itu dibutuhkan untuk menjaga Pancasila, persatuan, kerukunan, hingga memunculkan inovasi.
 
"Bung Karno ingin kita mewarisi apinya, bukan abunya, mewarisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan, dan semangat untuk membangun Indonesia maju," ujar Jokowi saat meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, dilansir dari Medcom.id, Rabu, 10 November 2021.
 
Menurut dia, keberadaan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka menjadi simbol sekaligus pengingat. Masyarakat Indonesia diharapkan terus bangkit dan bergerak maju, seperti keinginan pendiri bangsa Soekarno.

Jokowi menyebutkan sebagai bangsa dengan sejarah besar, masyarakat harus menunjukkan bila keberadaan Indonesia penting bagi dunia. Indonesia bisa banyak berbuat untuk kepentingan global.

Indonesia dianggap layak menjadi salah satu pemimpin dalam peta dinamika internasional. Untuk mencapai hal itu, Kepala Negara menyebut hanya ada satu kunci, yakni semangat perjuangan.
 
Selain Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka, Patung Presiden Soekarno turut diresmikan. Hal ini untuk menghormati jasa Bung Karno sebagai perintis kemerdekaan Republik Indonesia. 
 
Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto menjelaskan patung itu menggambarkan Sang Proklamator menunggangi kuda dalam inspeksi pasukan Upacara Peringatan Hari Angkatan Perang, 5 Oktober 1946, di Yogyakarta. Patung ini menjadi simbol semangat rela berkorban demi kedaulatan negara.
 
"Kita harus membangun bangsa dan negara demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ucap Prabowo.



(RAO)

Berita Terkait