Disperindag Garut Jadi Comblang Industri Lokal dan Importir di Malaysia

Pelaku usaha menunjukkan produknya dalam kegiatan Pelaku usaha menunjukkan produknya dalam kegiatan "Business Matching" di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)
Dadali: Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut memberikan pelatihan business Matching kepada pelaku usaha industri kecil (UKM). Pelaku IKM didorong memanfaatkan peluang pasar ekspor Malaysia serta meningkatkan ekonomi Garut.

"Kegiatan 'business matching' dengan perdagangan Malaysia dan dengan importir dari Malaysia, juga dihadiri para pelaku usaha yang kita proyeksikan atau pun prospektif untuk ekspor ke Malaysia, ada makanan, dan minuman maupun fesyen," kata Kepala Bidang Pengembangan Promosi dan Kerjasama Perdagangan (P2KP) Disperindag ESDM Kabupaten Garut Ratu Ayu Dinar Wira Pertiwi  dilansir dari Antara, Rabu, 13 April 2022.

Para pelaku IKM diberi kesempatan untuk menarik minat importir asal Malaysia dengan mendeskripsikan produk yang dimilikinya. Importir Malaysia cukup puas dengan meminta kepada pelaku IKM di Garut untuk mengirimkan contoh produknya.

"Meminta sampel juga karena akan ditawarkan ke importir-importir lainnya di Malaysia," ujar Ratu.

Ratu berharap produk yang diekspor ke Malaysia bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Garut. "Di masa pandemi yang akan berakhir ini jadi kebangkitan ekonomi melalui ekspor," ucap Ratu



(UWA)